Saturday, 9 Rabiul Awwal 1440 / 17 November 2018

Saturday, 9 Rabiul Awwal 1440 / 17 November 2018

Otot Panggul Lemah Picu Kebocoran Urin

Kamis 08 Nov 2018 11:07 WIB

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari

Buah pisang.

Buah pisang.

Foto: Pixabay
Beberapa makanan bisa membantu penguatan otot dasar panggul.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Satu dari tiga wanita di Inggris mengalami kebocoran kandung kemih dipicu melemahnya otot panggul. Tidak banyak orang membicarakan hal ini. Namun, siapa yang mau mengaku saat mereka tertawa sedikit saja, kencingnya bisa keluar?

Otot panggul melemah bisa dipicu banyak faktor, salah satunya melahirkan. Faktor lainnya adalah kelebihan berat badan atau obesitas, sering mengangkat beban berat, sembelit, dan penuaan.

Cara paling umum memperkuat otot panggul adalah latihan kegel. Menurut ahli gizi naturopatik dari Water for Health, Amy Morris, makanan juga berperan penting memperkuat otot dasar panggul, seperti dilansir dari Cosmopolitan, Kamis (8/11).

Air

Minum banyak air akan menghidrasi tubuh dan mengeluarkan racun, menjaga usus besar. Dehidrasi bisa memicu disfungsi usus, terutama konstipasi dan sembelit, sehingga melemahkan otot panggul.

Hindari terlalu banyak mengonsumsi minuman berkafein, seperti kopi, teh, dan soda karena bersifat diuretik dan mengiritasi kandung kemih, sehingga otot panggul terlalu aktif dan perlahan melemah. Iritasi kandung kemih juga memicu infeksi kandung kemih kronis, inkontinensia, dan sulit buang air kecil.

Pisang

Pisang mengandung magnesium, seperti halnya kentang, gandum, dan kacang-kacangan. Semuanya penting untuk memperkuat fungsi otot dan saraf. Selain itu, pisang bisa mengurangi rasa ingin mengompol. Magnesium juga telah terbukti meredakan sembelit karena efek laksatif, menarik air ke dalam tinja, mengurangi ketegangan, dan membuat buang air kecil lebih lembut.

Minyak ikan

Kebanyakan orang lebih banyak mengonsumsi asam lemak omega-6 dibanding sayuran dan minyak ikan yang bisa memicu peradangan dalam tubuh. Asam lemak omega-3 adalah jenis lain dari asam lemak dari minyak ikan yang bisa mengurangi peradangan dan iritasi asam lemak omega-6. Omega-3 dapat ditemukan dalam minyak ikan, biji rami, dan kenari. Untuk memastikan Anda mengonsumsi jumlah harian yang disarankan, ahli gizi merekomendasikan suplemen minyak ikan berkualitas tinggi.

Alpukat

Makanan mengandung asam sitrat tinggi, seperti jeruk, lemon, grapefruit, dan cranberry bisa menyebabkan iritasi dan memperburuk kontrol kandung kemih jika dikonsumsi berlebihan. Pilih buah dan sayuran rendah asam, seperti pisang alpukat, kacang polong, dan apel. Makanan ini menyediakan nutrisi penting bagi tubuh, khususnya serat. Jika memungkinkan, konsumsi jenis organik.

Telur

Penelitian terbaru menunjukkan wanita dengan tingkat vitamin D tinggi jarang mengalami kebocoran urin. Vitamin D terbukti meningkatkan efisiensi otot skeletal yang berefek langsung memperkuat otot dasar panggul.

Sumber-sumber vitamin D sangat banyak, termasuk minyak ikan, susu, dan telur. Namun, cara terbaik untuk memastikan Anda mendapat vitamin D cukup sebenarnya adalah sinar matahari.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES