Selasa, 14 Safar 1440 / 23 Oktober 2018

Selasa, 14 Safar 1440 / 23 Oktober 2018

11 Taktik Optimalkan Daya Ingat dalam Sebulan

Jumat 12 Okt 2018 06:03 WIB

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Nur Aini

Daya ingat (ilustrasi)

Daya ingat (ilustrasi)

Lupa merupakan proses alami.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Seiring waktu, memori manusia sedikit demi sedikit mulai menyusut. Ada saat-saat di mana mulai melupakan nama orang atau lupa menaruh kunci. Proses itu merupakan hal yang alami, namun ada cara untuk tetap mengoptimalkan memori otak manusia dalam sebulan.

Dengan 11 taktik cepat dan efektif untuk meningkatkan memori, bisa mengingat lebih banyak dan mempelajari hal-hal baru jauh lebih singkat.

1. Berhenti multitasking. Mampu melakukan banyak hal pada saat yang bersamaan mungkin terlihat keren. Namun pada kenyataannya perilaku itu dapat mengganggu ingatan dan lebih berbahaya dari yang lain. Cobalah untuk fokus dengan satu hal pada satu waktu.

2. Tuliskan informasi penting yang ingin diingat. Dengan menulis dapat membantu otak untuk mengingat informasi tersebut. Beberapa penelitian menunjukkan menulis dengan tangan menggunakan bagian otak lebih banyak daripada mengetiknya. Hal itu bisa merangsang otak karena harus memroses dan menganalisis informasi sebelum ditulis.

3. Gunakan kekuatan visualisasi. Cara terbaik untuk mengingat sesuatu adalah dnegan menggunakan kekuatan visualisasi otak. Gambar grafik atau coretan dan stabilo dapat membantu informasi menempel di pikiran anda.

4. Pelajari bahasa baru. Pengetahuan dasar bahas alain terbukti membawa efek positif yang besar pda ingatan manusia. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga ingatan tetap tajam.

5. Mendengarkan musik. Semua manusia di bumi mendengarkan musik, namun tidak semua menyadari betapa bermanfaatnya kegiatan ini. Dengan mendengarkan musik dapat melibatkan kedua sisi otak pada saat yang bersamaan. Mendengarkan musik memiliki dampak positif pada ingatan seperti perhatian dan koordinasi. Belajar memainkan alat musik, menyanyi, dan menari dengan musik favorit juga baik bagi ingatan dan otak.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES