Thursday, 9 Safar 1440 / 18 October 2018

Thursday, 9 Safar 1440 / 18 October 2018

Cek Kesehatan dengan Perhatikan Warna Kuku Kaki

Kamis 11 Oct 2018 12:37 WIB

Rep: Nora Azizah / Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Kuku kaki keunguan

Kuku kaki keunguan

Foto: menshealth.com/gettyimages
Bintik atau garis putih bisa pertanda trauma dan tubuh kekurangan zinc

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Sesekali kita harus memerhatikan kuku kaki. Apalagi bila suka olahraga lari jarak jauh, kuku kaki penting untuk diperhatikan.

Dilansir melalui Men's Health, kuku kaki bisa mencerminkan kesehatan seseorang. "Kuku yang sehat memiliki warna merah muda, permukaan terlihat tipis tetapi kuat," ujar Ahli Bedah Podatrik dari Skincare for Feet Dr Dana Canuso.

Berikut penjelasan ahli mengenai arti warna kuku kaki dan cara mengatasinya apabila terlihat tidak bagus.

1. Keunguan

Kuku kaki berwarna ungu bisa disebabkan hematoma subungual atau memar di bawah dasar kuku. Hal ini disebabkan pembuluh darah kecil berdarah di bawah kuku dan menodainya menjadi gelap. Ini disebabkan trauma pada kuku, sebagai contoh menjatuhkan benda berat ke atasnya sehingga menyebabkan rasa sakit.

Ketika jenis memar ini terjadi ada dua opsi yang bisa dilakukan. Pertama, membiarkannya dan menunggu kuku untuk tumbuh kembali. Kuku secara bertahap akan tumbuh dari waktu ke waktu. Namun penyembuhan ini bisa terjadi selama berbulan-bulan. Hal ini disebabkan kuku kaki hanya tumbuh satu milimeter per bulan.

Atau cara ke dua, mintalah dokter mengangkat kuku. Namun hal ini hanya disarankan apabila kuku terasa menyakitkan. Disamping memar, kuku ungu juga menandakan masalah sirkulasi oksigen. Untuk mengobatinya harus berkunjung ke dokter dan menyelesaikan permasalahan sirkulasi darah.

2. Kuning atau Kecokelatan

Mendapati kuku berwarna kuning atau kecokelatan bisa disebabkan masalah pernapasan atau sistem limfatik. Namun keadaan ini juga bisa dipengaruhi komplikasi diabetes atau jamur kuku. Apabila disebabkan jamur maka kuku akan menjadi tebal dan rapuh. Hal ini terjadi akibat jamur mikroskopis yang menginfeksi satu kuku atau lebih. Organisme mikroskopis biasanya berkembang dalam lingkungan gelap, hangat, dan lembap.

Kondisi kuku yang demikian bisa terjadi diakibatkan memakai sepatu yang terlalu lama. Bagian dalam sepatu menjadi lingkungan sempurna bagi mikroskopis. Awalnya, kondisi ini muncul sebagai infeksi kulit. Saat jamur menembus kuku paling dalam, hal ini yang membuat warna kuku berubah.

Perawatan kuku dengan kondisi kuning kecokelatan beragam, tergantung dari tingkat keparahannya. Biopsi kuku bisa dilakukan untuk menemukan tingkat keparahannya. Atau biasanya dokter akan memberikan obat pernis kuku anti jamur. Perawatan kuku laser juga biasa dilakukan sebagai alternatif obat oral.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA