Rabu, 15 Safar 1440 / 24 Oktober 2018

Rabu, 15 Safar 1440 / 24 Oktober 2018

Tidur Sejenak Bisa Membantu Lebih Berkonsentrasi di Kantor

Kamis 11 Okt 2018 07:11 WIB

Rep: MGROL 111/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Dampak kurang tidur.

Dampak kurang tidur.

Foto: Reuters
Setelah tidur siang, seseorang lebih cepat memproses rangsangan dari luar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian dari kita mungkin pernah tertidur saat di kantor. Ternyata ahli menyatakan hal tersebut bukan hal buruk khususnya kala siang hari.

Penelitian sebelumnya telah menemukan bahwa tidur meningkatkan kemampuan kita untuk berkonsentrasi dan memecahkan masalah. Sebuah studi baru ditetapkan untuk membawa ide ini selangkah lebih maju.

Baca Juga

Para peneliti dari Universitas Bristol menguji bagaimana tidur memengaruhi kecepatan kita dalam memproses informasi, baik secara sadar maupun tidak sadar. Satu hal yang menarik, sebagian besar rangsangan dan informasi yang diterima siang hari sebenarnya diambil secara tidak sadar. Misalnya, ketika Anda setengah mendengar percakapan rekan kerja atau melihat papan reklame dari sudut mata, anda tidak secara aktif berfokus pada rangsangan ini, tetapi itu tidak berarti mereka tidak memberikan informasi penting .

Seperti yang dilansir melalui Mindbodygreen studi ini menemukan bahwa setelah tidur siang, membuat anda dapat lebih cepat memproses dan bereaksi setelah terpapar rangsangan tidak sadar, menunjukkan bahwa bahkan sedikit tidur dapat membantu kita mencerna isyarat subliminal.

Pratikkan dalam pikiran anda untuk tidur siang. Batasi waktu tidur Anda menjadi 20 hingga 30 menit sehingga Anda bangun dengan perasaan segar dan bukannya grogi. Dan jika itu berada di ruangan anda sendiri, biarkan beberapa cahaya masuk sehingga tubuh Anda tidak berpikir itu malam hari.

Pertimbangkan diri anda di jalan menuju kualitas tidur yang lebih baik dan bahkan tidur siang pun merupakan keputusan yang lebih baik.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES