Tuesday, 16 Zulqaidah 1441 / 07 July 2020

Tuesday, 16 Zulqaidah 1441 / 07 July 2020

Unik, Madu Ini Hanya Diproduksi 6 Minggu Tiap Tahun

Kamis 11 Oct 2018 00:58 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari

Bunga manuka.

Bunga manuka.

Foto: Wikipedia
Madu manuka diyakini memiliki khasiat kesehatan melebihi madu lain.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lebah terus bekerja dan memproduksi madu tanpa mengenal musim. Namun ada satu jenis madu yang masa 'panennya' hanya berlangsung selama enam minggu dalam satu tahun. Madu itu dikenal sebagai madu manuka.

Madu manuka merupakan madu asal Selandia Baru yang diyakini kaya akan khasiat kesehatan melebihi madu-madu lain. Seperti namanya, madu manuka terbuat dari nektar bunga manuka. Manuka itu sendiri adalah pohon liar yang tumbuh di Selandia Baru.

"Pohon manuka bisa ditemukan di Selandia Baru, khususnya di area pedalaman," ungkap Deputy Ambassador Selandia Baru di Indonesia Naomi Kyriacopoulos dalam peluncuran Manuka Honey dari Manuka Health di Jakarta, Rabu (10/10).

Berdasarkan penelitian, salah satu kelebihan madu manuka adalah memiliki senyawa utama bernama Methylglyoxal (MGO). MGO terbentuk di dalam madu yang berasal dari nektar bunga manuka.

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa MGO memiliki manfaat terapeutik. Sebagai contoh, MGO diketahui memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi. MGO pada madu manuka juga diketahui memiliki khasiat sebagai antioksidan, menunjang proses penyembuhan dan memiliki kandungan yang bergizi sebagai makanan.

Aktris Nana Mirdad merupakan salah satu orang yang telah merasakan manfaat dari madu manuka. Setelah mengonsumsi madu manuka secara rutin, Nana mengatakan tubuhnya terasa lebih nyaman. Nana pun menggunakan madu manuka untuk menunjang perawatan kulitnya.

"Hasilnya luar biasa," jelas Nana.

Nana juga kerap menggunakan madu manuka untuk menunjang kesehatan anak-anaknya. Bila anak-anaknya mengalami sakit tenggorokan, Nana biasanya akan memberikan madu manuka yang dicampurkan ke dalam teh panas. Cara ini dicoba selama beberapa saat hingga kondisi sang anak membaik.

"Coba beberapa lama, kalau tidak membaik juga baru ke dokter. Tapi sejauh ini, (madu manuka) itu seperti memberi energi untuk pemulihan," ungkap Nana.

Seperti diketahui, pohon manuka umumnya ditemukan di wilayah pedalaman Selandia Baru. Pohon manuka hanya berbunga selama enam minggu dalam kurun waktu satu tahun. Di saat pohon ini berbungalah, para lebah mengambil nektar dari bunga manuka dan memproduksi madu manuka di sarang-sarang lebah mereka.



Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA