Rabu, 15 Safar 1440 / 24 Oktober 2018

Rabu, 15 Safar 1440 / 24 Oktober 2018

Cara Menghilangkan Pilek dalam 24 Jam

Sabtu 06 Okt 2018 10:42 WIB

Rep: MGROL 106/ Red: Indira Rezkisari

Sebelum mencoba pengobatan untuk mengatasi pilek, ada sejumlah cara alami yang bisa dilakukan.

Sebelum mencoba pengobatan untuk mengatasi pilek, ada sejumlah cara alami yang bisa dilakukan.

Foto: PxHere
Awali haru dengan mandi pagi air panas untuk membuang sumbatan hidung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika gejala pilek menyerang, rasa tidak enak badan membuat malas melakukan sesuatu. Rasanya hanya ingin menarik selimut dan tidur kembali. Terkadang, ada saja orang-orang yang sengaja membiarkan pilek sembuh dengan sendirinya dan tidak melakukan pengobatan apapun.

Namun, apabila Anda mengikuti beberapa tips di bawah ini, dilansir dari laman Shape, mungkin pilek Anda akan hilang dalam waktu 24 jam.

Baca Juga

Mandi dengan air panas pada pukul 07.00

Memang sulit untuk membangunkan diri di pagi hari. Terlebih lagi apabila Anda sedang menderita flu berat. Tidak hanya kepala yang terasa berat, tetapi seluruh tubuh juga. Belum lagi rasa tidak nyaman dari hidung yang tersumbat. Akan tetapi, mandi dengan air panas dapat membuat hidung tersumbat hilang.

“Kabut dan kelembaban yang dihasilkan oleh air panas dalam kamar mandi dapat membuat lendir encer. Selain itu, sinus Anda juga akan menjadi bersih sehingga Anda dapat bernapas dengan lebih muda,” kata seorang dokter sekaligus penulis buku The Good Doctor’s Guide to Cold and Flu, E. Neil Schachter.

Pada pukul 09.00, gantilah sereal dan kopi menjadi telur dan teh

Telur adalah protein yang lengkap karena mengandung sembilan asam amino yang penting. Untuk penyajian, Anda dapat menyajikan telur dadar bersama dengan secangkir teh yang dilengkapi madu dan lemon. Madu dapat bekerja lebih baik untuk mengatasi batuk dibandingkan dengan obat dokter, menurut kepala petugas pediatrik di Riverside Medical Group di Secaucus, New Jersey, Zeyed Baker.

Taburi salad dengan buncis dan biji labu

Ketika pukul 12.30 siang tiba, apabila Anda gemar memakan salad sebagai menu makan siang, maka Anda dapat menambahkan kedua pelengkap makanan tersebut. Buncis dan biji labu merupakan sumber seng yang baik. Seng merupakan sebuah nutrisi yang dapat membantu meningkatkan respons tubuh Anda terhadap infeksi, dan juga dapat mengurangi peradangan.

“Ada bukti yang menunjukkan bahwa ketika Anda mengonsumsi seng dalam periode 24 jam ketika Anda pilek, nutrisi tersebut dapat membantu mempersingkat durasi dan intensitas virus-virus penyebab pilek,” kata Schachter.

Berjalan-jalanlah di sore hari

Berolahraga yang biasa seperti berjalan kaki dapat membantu tubuh Anda menstimulasi menghirup udara secara dalam, yang membuat saluran hidung Anda terbuka sehingga Anda dapat bernapas jauh lebih mudah. Selain itu, berolahraga juga dapat meningkatkan jumlah bakteri menguntungkan di usus. Hal tersebut dapat membantu sistem kekebalan tubuh, berdasarkan sebuah penelitian dalam jurnal Gut.

Bersihkan hidung dan tenggorokan sebelum tidur

Lendir yang tidak mengering dapat menyusahkan Anda ketika Anda sedang tertidur dalam posisi telentang. Selain itu, tenggorokan yang sakit juga akan membuat tidur Anda kurang lelap. Maka dari itu, membersihkan hidung dan tenggorokan sebelum tidur sangatlah penting.

Selain mengurangi intensitas lendir di pagi hari, tetapi rasa tenggorokan yang sakit juga akan kurang terasa ketika Anda bangun tidur. “Gunakan larutan garam atau air garam untuk mengeluarkan cairan dan bakteri,” kata Schachter.

Untuk menghindari hidung tersumbat, Schachter mengatakan bahwa Anda harus menambah bantal tambahan ketika tidur untuk membuat kepala dalam posisi lebih tinggi dari badan.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES