Tuesday, 14 Safar 1440 / 23 October 2018

Tuesday, 14 Safar 1440 / 23 October 2018

Kurangi Risiko dan Infeksi HIV Lewat 4 Cara

Jumat 05 Oct 2018 09:06 WIB

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Aksi peduli HIV/AIDS.

Aksi peduli HIV/AIDS.

Foto: Antara
Cara paling tepat adalah melakukan tes bersama dengan pasangan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Siapapun bisa terkena HIV. Itu berarti semua orang perlu waspada dan melakukan langkah pencegahan untuk melindungi diri dari risiko dan infeksi penyakit menular seksual ini.

Abstinensi adalah satu-satunya cara terbukti mencegah penularan HIV. Cara terbaik selanjutnya? Spesialis penyakit menular di Klinik Mayo, Stacey Rizza memaparkannya, sebagaimana dilansir dari Men's Health, Jumat (5/10).

1. Tes dengan pasangan

Penyakit menular seksual, mulai dari gonorhea, klamidia, sipilis, HPV, atau herpes bisa meningkat ke HIV. Luka terbuka pada kulit lebih membuatnya mungkin menyebarkan virus. Itulah mengapa Anda perlu berbicara dengan pasangan dan melakukan tes khusus untuk mendeteksi keberadaan penyakit ini di tubuh masing-masing.

2. Gunakan kondom

Kondom setiap saat sangat efektif mencegah infeksi menular seksual, seperti HIV.

3. Sunat

Khitan sangat penting di sini. Kulit penis bagian atas penuh dengan sel-sel dentin yang memiliki reseptor khusus, sehingga memungkinkan virus HIV masuk. Itu sebabnya laki-laki yang tidak disunat berisiko tertular HIV.

4. Berbagi jarum

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika menyebut penggunaan alat intravena bergantian didiagnosis menjadi penyebab HIV satu dari 10 orang penderita di Amerika. Ketika Anda berbagi jarum dengan orang lain, tanpa sadar Anda membiarkan darah lain menginfeksi tubuh Anda. 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES