Tuesday, 14 Safar 1440 / 23 October 2018

Tuesday, 14 Safar 1440 / 23 October 2018

5 Sumber Vitamin Baik untuk Otak

Ahad 23 Sep 2018 13:33 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Indira Rezkisari

Kacang hitam

Kacang hitam

Foto: Flickr
Otak membutuhkan gizi agar bisa bekerja optimal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Otak merupakan salah satu organ terpenting untuk menunjang kehidupan manusia. Otak membutuhkan bahan bakar yang baik dan tepat agar bisa bekerja dengan baik. Tanpa bahan bakar yang baik dan tepat, kinerja otak bisa melambat dan menyebabkan berbagai gangguan mulai dari kurang fokus, rasa tidak bahagia hingga rasa tidak termotivasi.

Bahan bakar yang dibutuhkan otak ini bisa didapatkan dari beragam zat gizi, mulai dari vitamin hingga mineral. Berikut ini adalah lima zat gizi yang bermanfaat dalam menunjang kesehatan dan kinerja otak seperti dilansir LifeHack.

Omega 3

Sekitar 60 persen otak terdiri dari lemak. Oleh karena itu, asupan lemak yang tepat merupakan salah satu faktor terpenting yang perlu diperhatikan demi menjaga kesehatan otak.

Salah satu jenis lemak terpenting yang dibutuhkan otak adalah asam lemak omega 3. Omega 3, seperti DHA misalnya, merupakan zat gizi penting yang membentuk lapisan luar sel otak.

Kekurangan asupan omega 3 dapat mempengaruhi perkembangan dan fungsi kognitif otak normal. Kekurangan omega 3 juga diketahui berkaitan dengan penuaan otak dini dan penurunan fungsi kognitif.

Tentunya, asupqn omega 3 perlu didapatkan dari sumber terbaik agar manfaatnya pun menjadi optimal. Beberapa sumber omega 3 yang baik dan sehat adalah kenari, biji chia, ikan sardin dan salmon, flaxseed, telur serta minyak ikan.

Magnesium

Magnesium merupakan mineral esensial yang sanagt penting bagi aktivitas otak. Magnesium juga diketahui dapat menenangkan otak serta sistem saraf sehingga kerap dijuluki sebagai 'valium alami dari alam'. Magnesium juga diketahui dapat membantu otak untuk menurunkan hormon stres, memunculkan manfaat anti inflamasi, meningkatkan neuroplastisitas, menenangkan sistem saraf, membantu meringankan depresi hingga menurunkan kecemasan.

Diketahui ada ratusan proses metabolisme dalam tubuh dan otak yang membutuhkan magnesium. Ironisnya, kekurnagan magnesium merupakan defisiensi zat gizi terbanyak kedua di dunia saat ini.

Ada beberapa sumber magnesium baik dan menyehatkan yang bisa ditambahkan ke dalam pola makan sehari-hari. Beberapa di antaranya adalah almond, bayam, kacang mede, alpukat dan kacang hitam.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES