Minggu, 21 Ramadhan 1440 / 26 Mei 2019

Minggu, 21 Ramadhan 1440 / 26 Mei 2019

Terlalu Sering Mencuci Tangan Ternyata Dapat Berbahaya

Senin 17 Sep 2018 15:35 WIB

Rep: MGROL 111/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Mencuci tangan dengan benar akan membantu menghindari diri dari bakteri.

Mencuci tangan dengan benar akan membantu menghindari diri dari bakteri.

Foto: pixabay
Mencuci tangan berlebihan dapat merusak kulit dan membunuh bakteri baik

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anda selalu diberitahu untuk mencuci tangan sebelum makan, usai masuk toilet, memegang binatang dan masih banyak lagi. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS, menjaga kebersihan tangan adalah salah satu hal terpenting yang perlu dilakukan untuk menghindari sakit dan tetap sehat.

Tetapi ada peringatan baru-baru ini bahwa kita mungkin terlalu banyak mencuci tangan dan dengan demikian menurunkan resistensi kita terhadap bakteri penting. Jadi sebenarnya adakah aturan jumlah waktu atau situasi tertentu yang harus membuat kita mencuci tangan? Kemudian kapan kita harus menggunakan pembersih tangan? 

Seperti yang dilansir dari Times Of India, bakteri sehat yang hidup di kulit kita idealnya ada di tangan dan mencuci tangan tidak akan menghilangkannya. Begitu seseorang lahir, beberapa bakteri masuk ke kulit dan menetap di sana, tidak peduli berapa kali Anda mandi atau mencuci tanganmu, mereka tidak pergi. Tapi terlalu banyak mencuci bagian dapat membahayakan.

Mencuci tangan yang berlebihan dapat mulai merusak kulit Anda dengan membuatnya kering dan saat itulah bakteri yang sehat mungkin mulai pergi. Dengan demikian, mencuci tangan secara berlebihan dapat membuat seseorang rentan terhadap penyakit dengan membuang minyak sehat dan bakteri baik yang melindungi kita dari penyakit. Ketika tangan menjadi kering, lebih mudah bagi bakteri untuk meninggalkan tubuh. 

Jika tangan Anda kering, gatal dan bersisik, itu berarti Anda mungkin terlalu sering mencuci. Terlalu banyak sanitasi juga dapat berdampak negatif pada sistem kekebalan alami tubuh, kata seorang ahli kesehatan. Sangat mudah untuk mendapatkan sakit bagi seorang anak yang tinggal di sebuah keluarga yang mana menggunakan banyak pembersih, sering mencuci tangan dan mengambil banyak antibiotik.

Mencuci tangan dengan sabun antibakteri tidak berbeda dengan mencuci tangan dengan sabun biasa, kata para ahli. Lalu kapan sebaiknya mencuci tangan?

Semua hal yang disebutkan di atas pasti tidak menyiratkan bahwa seseorang harus berhenti mencuci tangan setelah menggunakan toilet atau sebelum makan. Tetapi hal yang mengejutkan adalah menurut sebuah penelitian oleh Universitas Michigan, 95 persen orang tidak mencuci tangan mereka dengan benar setelah menggunakan toilet, yang meningkatkan peluang mereka menyebarkan kuman.

Menggunakan air hangat untuk membersihkan tangan dan menyabuni dengan baik adalah penting. Sabun mengemulsi bakteri dan kemudian mencuci mereka dengan air. 

Mencuci tangan Anda setelah menggunakan toilet adalah 100 persen penting. Tetapi jika Anda memungut pena dari lantai atau memegang hewan peliharaan Anda, Anda tidak perlu mencuci tangan karena Anda akan baik-baik saja.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA