Saturday, 15 Sya'ban 1440 / 20 April 2019

Saturday, 15 Sya'ban 1440 / 20 April 2019

5 Langkah Menjaga Mata Tetap Sehat

Senin 17 Sep 2018 10:57 WIB

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Yudha Manggala P Putra

Mata. Ilustrasi

Mata. Ilustrasi

Foto: Readers Digest
Abai terhadap kesehatan mata bisa berujung pada kondisi medis yang serius.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai salah satu indra, menjaga kesehatan mata menjadi satu hal yang penting dan harus dilakukan. Mata yang sehat akan membuat seseorang lebih mudah dan nyaman dalam menjalankan aktivitas.

Abai terhadap kesehatan mata bisa berujung pada kondisi medis yang serius, sebut saja infeksi mata, gangguan lensa mata, hingga katarak. Untuk mememiliki mata sehat, beberapa langkah mudah ini bisa dilakukan dan sangat baik dijadikan sebagai kebiasaan.

1. Beristirahat sejenak dari layar Laptop atau komputer

Menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar komputer akan membuat mata menjadi tegang. Jika terus berlanjut, kondisi ini akan menyebabkan permasalahan dan kelelahan pada mata. Untuk menghindari hal ini, luangkan waktu setiap 20 menit sekali melihat ke arah lain sejauh kurang lebih enam meter. Ini bisa membantu merelaksasi mata.

2. Perbaiki kebiasaan makan

Sedari kanak-kanak, orangtua selalu meminta agar kita banyak memakan wortel sebab sayuran berwarna oranye terang ini sangat baik untuk mata. Namun selain wortel, masih ada banyak makanan lain yang juga bisa menyehatkan mata diantaranya sayur berdaun hijau seperti bayam, ikan, kacang almond, biji bunga matahari dan jeruk.

3. Rutin membersihkan area luar mata

Membersihkan area luar mata sangat penting khususnya bagi perempuan. Basuhlah area mata menggunakan air dingin dan bersihkan menggunakan pembersih khusus. Hindari menggosok mata karena bisa membuatnya iritasi. Khusus perempuan, selalu bersihkan make up mata dengan sempurna sebelum tidur.

4. Gunakan kacamata

Tidak hanya membahayakan bagi kulit, radiasi ultraviolet juga tidak baik bagi mata. Oleh karena itu, selalu gunakan kacamata saat bepergian keluar rumah dalam cuaca panas khususnya ketika melakukan aktivitas olahraga luar ruangan. Pastikan tangan bersih sebelum menyentuh atau melepas lensa mata.

5. Tidur yang cukup

Tidur adalah cara terbaik untuk mengistirahatkan anggota tubuh termasuk mata. Upayakan tidur selama delapan jam setiap malam agar saat bangun tubuh menjadi lebih segar. Pastikan juga tidak ada aktivitas bermain gawai 30 menit sebelum tidur. Selain itu, penting juga berolahraga secara rutin karena dapat meningkatkan tingkat oksigen dan menghilangkan racun dari mata.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA