Monday, 14 Muharram 1440 / 24 September 2018

Monday, 14 Muharram 1440 / 24 September 2018

Manfaat Baik Berenang Bagi Kesehatan

Rabu 29 August 2018 08:27 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari

Olahraga berenang.

Olahraga berenang.

Foto: AP
Berenang tak hanya baik bagi fisik tapi juga membantu mengurangi stres dan depresi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berenang telah disebut latihan yang sempurna. Tubuh bisa mendapatkan semua manfaat dari latihan aerobik dengan berenang tanpa berdampak merusak pada sendi. Berenang juga bisa dilakukan oleh semua usia.

Olahraga ini pun dimanfaatkan oleh para atlet untuk tetap kuat dan tetap bugar saat pulih dari cedera. Berenang masih memiliki serangkaian manfaat lain yang berguna, dikutip dari Lifehack.

Renang Meningkatkan Bentuk dan Kekuatan Otot

Perenang mendapatkan kekuatan otot di seluruh tubuh. Ketika pelari membuat otot terbentuk di kaki mereka, perenang menggunakan lebih banyak kelompok otot untuk bergerak melalui air.

Sementara kaki menendang, lengan tertarik. Ketika punggung mencapai dan berputar, perut mengencangkan untuk menggerakkan kaki dan menstabilkan inti, menjadikan berenang sebagai salah satu latihan aerobik terbaik untuk memberikan latihan bagi seluruh tubuh.

Renang Membentuk Massa Tulang

Selama bertahun-tahun, para peneliti mencemooh gagasan berenang memengaruhi massa tulang. Hanya latihan beban yang mampu mencapai manfaat ini.

Tapi, menurut penelitian yang dipublikasikan di Journal of Applied Physiology anggapan itu tidak benar. Ada alasan etis untuk menghindari pemeriksaan tulang yang mendalam pada manusia, penelitian ini memasukkan tikus ke dalam tiga kelompok, yaitu berlari, berenang, dan kelompok menjaga tanpa rangsangan latihan.

Saat berlari masih menunjukkan peningkatan BMD tertinggi (Bone Mineral Density), kelompok renang juga menunjukkan manfaat pada BMD dan tulang femur. Sementara penelitian lebih lanjut diperlukan, temuan baru ini menunjukkan penelitian sebelumnya yang mengabaikan manfaat renang untuk tulang mungkin perlu ditinjau kembali.

Renang Membantu Tetap Fleksibel

Berenang mengharuskan seseorang untuk mencapai, meregangkan, memutar, dan menarik diri dalam air. Pergelangan kaki menjadi sirip dan ditarik dengan setiap tendangan saat mendorong melawan tekanan cairan. Peregangan berulang yang ditemukan dalam berbagai gerakan renang membantu menjaga fleksibilitas.

Renang Mengurangi Peradangan

Berenang bermanfaat untuk kardiovaskular dengan memperkuat otot jantung adalah pengetahuan umum. Namun, penelitian juga menunjukkan kegiatan seperti berenang, mengurangi peradangan yang mengarah ke atherosclerosis membangun di jantung. Mengurangi peradangan di seluruh sistem menyebabkan berkurangnya perkembangan penyakit di banyak area lain.

Renang Buat Kalori Terbakar

Semua orang tahu  berenang adalah cara yang bagus untuk membakar kalori. Namun, kebanyakan tidak menyadari itu bisa sama efisiennya dengan berenang di treadmill.

Jumlah kalori yang terbakar tergantung pada intensitas dan gaya yang digunakan. Berenang dapat membakar kalori yang sama atau lebih besar daripada berlari.

Misalnya, selama 10 menit berenang membakar 60 kalori dengan gaya dada, 80 kalori dengan gaya punggung, 100 kalori dengan gaya bebas, dan 150 yang mengesankan dengan gaya kupu-kupu. Sedangkan jalan 10 menit membakar sekitar 100 kalori. Oleh karena itu, sesi gaya kupu-kupu 30 menit yang kuat dapat membakar 150 kalori lebih banyak daripada berjalan 5 km dalam rentang waktu yang sama.

Renang Dapat Menekan Asma yang Dipicu Latihan

Sulit bernapas ketika berolahraga sangat membuat frustasi. Hanya saja, dengan berenang memungkinkan untuk menghirup udara lembab saat berlatih. Dengan cara itu akan membantu meringankan gejala asma, bahkan penelitian telah menunjukkan dapat meningkatkan kondisi keseluruhan paru-paru.

Berenang Menurunkan Stres dan Depresi

Dengan berenang sama dengan memompa endorphin alami. Hormon bahagia ini bisa membuat perasaan terasa lebih baik.

Selain hormon bahagia, perenang juga bisa merasakan respons relaksasi yang mirip dengan yoga. Berenang membentang tubuh terus-menerus dengan pernapasan ritmis yang dalam, tubuh dapat mengalami relaksasi yang sangat unik.

Berenang juga menenangkan dan meditatif, karena suara napas dan air yang mengalir dengan cepat membantu fokus ke dalam dan menenggelamkan semua gangguan lainnya. Ini menurunkan stres dan depresi secara alami.

Berenang di Air Garam Perawatan Kecantikan untuk Kulit

Berenang secara teratur di air asin membantu kulit mempertahankan kelembapan dan detoksifikasi untuk meningkatkan pertumbuhan sel baru. Kulit akan terlihat lebih segar setelah berenang di lautan.

Renang Membuat Lebih Cerdas

Tentu saja semua latihan itu bagus untuk pikiran, namun dapatkah berenang benar-benar membuat lebih pintar? Penelitian dari Australia berfokus pada anak-anak yang mengambil pelajaran renang dibandingkan dengan kelompok non-perenang.

Hasil penelitian menunjukkan anak-anak yang secara teratur berpartisipasi dalam berenang mampu menguasai perkembangan bahasa, keterampilan motorik halus, kepercayaan diri, dan perkembangan fisik lebih cepat daripada kelompok yang tidak aktif renang. Berenang juga dapat membantu dengan keterampilan matematika, karena perenang secara teratur menghitung jarak berenang di set atau latihan interval untuk menempatkan keterampilan menambah dan mengurangi dalam latihan.

Berenang Memperpanjang Hidup

Semua olahraga dapat menghasilkan kondisi terbaik untuk kesehatan dan umur panjang. Studi menunjuk pada berenang sebagai salah satu pilihan terbaik untuk melakukannya.

Para peneliti di University of South Carolina mengamati 40.547 pria, berusia 20 hingga 90 tahun, selama lebih dari 32 tahun. Hasilnya menunjukkan mereka yang berenang memiliki tingkat kematian 50 persen lebih rendah daripada pelari, pejalan kaki, atau pria yang tidak berolahraga.

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES