Senin, 14 Muharram 1440 / 24 September 2018

Senin, 14 Muharram 1440 / 24 September 2018

5 Kelainan Pada Kuku dan Makna Kesehatan di Baliknya

Rabu 15 Agustus 2018 05:55 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Dwi Murdaningsih

Kebiasaan menggigit kuku.

Kebiasaan menggigit kuku.

Foto: Flickr
Kuku bisa menjadi pertanda dari adanya penyakit lain.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kuku yang sehat memiliki warna konsisten dan permukaan yang halus. Kondisi tidak normal yang mempengaruhi pertumbuhan maupun penampilan kuku dapat menjadi petunjuk mengenai kondisi kesehatan seseorang.

Sebagian besar kasus kuku 'abnormal' biasanya tidak serius dan dapat diatasi dengan mudah. Akan tetapi, ada beberapa perubahan abnormal pada kuku yang memerlukan perhatian medis lebih serius.

Medical News Today mengungkapkan ada banyak kondisi 'abnormal' kuku yang bisa menjadi pertanda dari adanya penyakit lain. Berikut ini adalah lima di antaranya.

Kuku Pecah atau Terbelah

Kuku yang pecah atau terbelah biasanya kering dan rapuh. Kuku pada dasarnya akan berubah menjadi lebih rapuh secara alami seiring berjalannya waktu. Kuku yang pecah atau terbelah juga bisa disebabkan oleh faktor gaya hidup, seperti pekerjaan.

Akan tetapi, kuku yang mudah rusak juga bisa menjadi tanda dari malnutrisi atau gangguan kulit. Kuku yang pecah atau terbelah juga dapat menjadi pertanda dari penyakit tiroid, psoriasis dan infeksi jamur.

Bintik Putih pada Kuku

Spot putih yang muncul pada kuku biasanya tidak berbahaya. Kemunculan bintik putih dengan bentuk yang tak beraturan pada kuku umumnya disebabkan oleh trauma kecil pada kuku.

Namun terkadang, bintik putih pada kuku ini bisa disebabkan oleh beberapa penyakit lain. Terlebih jika kemunculan bintik putih ini berlangsung terus-menerus. Beberapa kondisi lain yang dapat menyebabkan munculnya bintik putih pada kuku adalah defisiensi nutrisi, infeksi, kondisi metabolik, penyakit sistemik dan efek samping obat.

 Garis Beau

Garis Beau merupakan garis gelap yang melintang pada kuku tangan. Kemunculan garis Beau bisa menjadi pertanda dari beberapa kondisi seperti malnutrisi, campak, demam berdarah, gondok maupun penyakit lain yang disertai demam tinggi. Garis Beau juga bisa menjadi pertanda dari penyakit diabetes yang tidak terkontrol, penyakit vaksular perifer, pneumonia dan defisiensi zat zinc.

Garis Mee

Berbeda dengan garis Beau, garis Mee merupakan garis putih yang melintang di kuku. Kemunculan garis Mee pada kuku bisa menjadi pertanda dari keracunan arsenik atau keracunan karbon monoksida. Proses kemoterapi juga bisa menyebabkan munculnya garis Mee pada kuku.

Kuku Berbentuk Sendok (Koilonychia)

Koilonychia merupakan kondisi di mana kuku memiliki bentuk seperti sendok yang melengkung ke dalam di bagian tengah dengan sisi-sisi kuku yang lebih tinggi. Koilonychia bisa menjadi pertanda dari beberapa penyakit, salah satunya adalah penyakit kardiovaskular. Koilonychia juga bisa menjadi pertanda dari anemia defisiensi besi, lupus, hipotiroidisme, hemochromatosis atau penyakit Raynaud.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES