Thursday, 5 Zulhijjah 1439 / 16 August 2018

Thursday, 5 Zulhijjah 1439 / 16 August 2018

Hindari Empat Minuman Ini Saat Dehidrasi

Jumat 10 August 2018 21:00 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari

Pilih jus buah murni bukan produk dalam kemasan sebagai minuman penghilang dehidrasi.

Pilih jus buah murni bukan produk dalam kemasan sebagai minuman penghilang dehidrasi.

Foto: Max Pixel
Meski menyegarkan beberapa minuman mengandung gula dan pengawet.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat mengalami dehidrasi, sebagian orang mungkin lebih memilih minuman yang tampak menyegarkan seperti minuman bersoda hingga jus yang manis. Padahal, tak semua jenis minuman bagus diminum untuk mengatasi dehidrasi.

Times of India mengungkapkan setidaknya ada lima jenis minuman yang sebaiknya dihindari untuk mengatasi dehidrasi. Berikut ini adalah empat minuman tersebut.

Minuman Olahraga

Minuman olahraga mungkin menjadi salah satu minuman favorit dan tampak ideal di kala cuaca sangat terik. Akan tetapi, minuman olahraga sebenarnya diperuntukan bagi atlet yang kehilangan elektrolit saat berolahraga berat, seperti sodium dan potasium. Jika minuman olahraga diminum oleh orang-orang yang beraktivitas biasa, sama saja seperti mendapatkan 100 kalori tambahan, pemanis buatan dan karbohidrat tambahan yang sebenarnya mungkin tidak dibutuhkan tubuh.

Jus Kemasan

Jus kemasan mungkin tampak lebih sehat dibandingkan minuman bersoda karena terbuat dari buah. Padahal, jus kemasan juga tak lebih baik dari minuman bersoda karena mengandung gula yang sangat banyak, pengawet. Kandungan nutrisi di dalam jus kemasan juga sangat sedikit sehingga bisa diabaikan. Apabila jus kemasan tidak mengandung bahan pengawet, biasanya jus kemasan mengalami deoksigenasi yang juga tidak menyehatkan.

Air Vitamin

Air vitamin merupakan jenis minuman yang sudah dikategorikan sebagai health fad dan tidak terbukti menyehatkan. Selain itu, minum air vitamin juga berpotensi dapat menyebabkan kelebihan asupan vitamin, terlebih jika kebutuhan vitamin sudah terpenuhi melalui pola makan. Tak hanya itu, air vitamin juga biasanya mengandung banyak gula. Kandungan gula pada air vitamin bahkan bisa setara dengan kandungan gula pada minuman bersoda.

Es Teh

Es teh juga menjadi salah satu minuman yang banyak dicari untuk menghilangkan dahaga. Akan tetapi es teh botolan biasanya mengandung banyak gula. Versi diet dari es teh botolan juga biasanya mengandung pemanis buatan seperti aspartam dan sukralosa. Sisi baiknya, teh diketahui kaya akan antioksidan dan diketahui dapat menurunkan beberapa risiko penyakit. Karena itu, jika ingin meminum es teh saat dehidrasi, lebih baik es teh tersebut dibuat sendiri tanpa tambahan gula.

Alternatif Pilihan

Meski keempat jenis minuman sebelumnya tidak dianjurkan untuk mengatasi dehidrasi, ada beberapa ide minuman lain yang bisa menjadi alternatif. Salah satunya adalah mencampurkan air dingin dengan potongan lemon, ketimun atau persik. Opsi lain, air dingin bisa dicampurkan dengan rempah seperti chamomile, licorice dan asparagus.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES