Thursday, 5 Zulhijjah 1439 / 16 August 2018

Thursday, 5 Zulhijjah 1439 / 16 August 2018

Duduk Terlalu Lama Percepat Kematian, Ini Cara Atasinya

Jumat 10 August 2018 16:54 WIB

Rep: MGROL 111/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Pekerja kantoran. Ilustrasi

Pekerja kantoran. Ilustrasi

Foto: Dailymail
Orang yang duduk 6 jam lebih berisiko alami kematian dini lebih tinggi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masyarakat modern melakukan hampir semua aktivitas dengan duduk. Contohnya, seperti makan, menonton televisi, bersantai dan lain halnya. 

Bahkan ada pekerjaan yang membuat kita bisa duduk berjam-jam lamanya. Bisa jadi, saat kamu membaca ini, kamu sedang duduk. 

Penelitian dari American Cancer Society menunjukkan jika seseorang duduk selama enam jam sehari atau lebih, risiko kematian dini meningkat menjadi 19 persen. Risiko ini bila dibandingkan dengan mereka yang duduk kurang dari tiga jam.

Duduk terlalu lama juga dapat menyebabkan penyakit jantung, stroke, diabetes, penyakit ginjal, penyakit paru-paru, penyakit hati, gangguan saraf dan gangguan muskuloskeletal. Serta berbagai kondisi kesehatan lainnya seperti obesitas, peningkatan tekanan darah, gula darah tinggi, kolesterol tinggi juga bisa terjadi. 

Karena ketika Anda duduk, tubuh menggunakan lebih sedikit energi daripada yang kamu lakukan ketika berdiri atau bergerak dan ini menimbulkan sejumlah masalah kesehatan. Selain itu, duduk untuk waktu yang lama meningkatkan risiko kanker juga.

Dilansir dari Boldsky, berikut beberapa hal yang dapat kamu lakukan agar tidak terkena penyakit yang disebabkan oleh duduk terlalu lama. 

1. melakukan peregangan otot tubuh

Usahakan setiap hari selama 10 menit sekali melakukan peregangan otok Menggerakkan tubuh lebih sering akan membantu meregangkan seluruh tubuh dan mencegah kram otot. Lakukan aktivitas ini lima atau enam kali sehari.

 

2. latihan setelah makan siang.

Jangan terburu-buru ingin duduk setelah makan siang, kamu bisa berjalan-jalan sebentar atau bahkan naik-turun tangga. Hal tersebut bisa mencegah obesitas dan pegal selama duduk.

 

3. Latihan Berdiri 

Berdiri selama beberapa menit akan membantu melonggarkan otot dan membakar lebih banyak kalori daripada duduk. Kamu dapat berdiri serta meregangkan tangan dan jari di antara pekerjaanmu. Ini akan menurunkan risiko penyakit jantung, sakit punggung kronis, dan penyakit metabolik lainnya. 

 

4. Latihan Bahu

Kamu dapat melakukan latihan cepat menyentak di meja kerjamu. Duduk tegak dengan punggung melawan kursi dan kaki Anda rata di lantai. Angkat lengan kamu di atas kepala dengan telapak tangan rata dan siku menghadap ke samping. Tarik nafas, tekan dan tahan selama 30 detik, perlahan-lahan turunkan tangan dan bernafas normal. Latihan ini akan menguatkan otot bahumu.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES