Minggu, 8 Zulhijjah 1439 / 19 Agustus 2018

Minggu, 8 Zulhijjah 1439 / 19 Agustus 2018

Kacang Kenari Kudapan Tepat untuk Diabetes

Rabu 01 Agustus 2018 07:23 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari

Kacang walnut

Kacang walnut

Foto: Pixabay/Maxmann
Kacang kenari adalah sumber makanan kaya asam alfa, linolenat, dan asam lemak omega-3

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Walnut atau dikenal dengan kacang kenari tidak begitu familiar sebagai camilan orang Indonesia. Padahal jenis kacang ini memiliki lemak baik dan mengandung banyak manfaat untuk tubuh, termasuk pengidap diabetes.

Buah dari pohon kenari ini tumbuh di cangkang keras, yang ketika dibuka baru terlihat bijinya, biasanya kacang itu dibagi menjadi dua. Kacang kenari lebih sering dimakan mentah atau dipanggang, tergantung pada selera orang.

Seperti semua kacang, kacang berbentuk keriput seperti otak manusia ini mengandung lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda (PUFAs). Jenis ini pun merupakan sumber yang baik dari asam lemak omega-3 esensial. Dengan tambahan kandungan zat besi, selenium, kalsium, seng, vitamin E dan vitamin B, yang membantu tubuh mempertahankan tingkat gizi yang optimal.

The Yale University School of Medicine Care mengeksplorasi efek konsumsi kenari pada pembuluh darah untuk penderita diabetes tipe 2. Hasil yang diperoleh menunjukan kalau konsumsi kacang kenari dapat memperbaiki fungsi lapisan pembuluh darah.

"Pasien mengikuti diet dengan atau tanpa 56 gram kacang kenari selama delapan minggu, dan para ilmuwan menemukan bahwa kelompok kenari mengalami perbaikan dalam fungsi lapisan pembuluh darah dibandingkan dengan kelompok non-kacang kenari," kata laporan itu, dikutip dari Indian Express, Rabu (1/8).

Baca juga: Ilmuwan Kini Kategorikan Diabetes Jadi Lima Jenis

Tidak hanya mempengaruhi pembuluh darah, namun, kacang kenari juga mempercepat kadar insulin pada penderita diabetes tipe 2. Laporan dari European Journal of Clinical Nutrition, seorang pasien yang mengonsumsi 30 gram kacang kenari selama satu tahun dapat membawa penurunan yang signifikan dalam tingkat insulin puasa mereka dibandingkan dengan pasien yang tidak mengonsumsinya.

Kacang kenari adalah sumber yang kaya asam alfa, linolenat, serta asam lemak omega-3. Dengan kandungan itu mungkin memperbaiki neuropati diabetik, yang merupakan komplikasi diabetes yang menyebabkan syaraf rusak.

Kacang walnut juga bermanfaat bagi kecantikan. Kurang tidur adalah salah satu alasan utama yang membuat mata mempunyai lingkaran hitam. Untuk mengatasi lingkaran hitam di bawah mata gunakan adonan kacang walnut di bawah mata dan rasakan efek dingin yang berefek bagi sirkulasi darah, sehingga menyingkirkan lingkaran hitam tersebut.

Bila memiliki bintik hitam di kulit, singkirkanlah dengan menggunakan pasta kacang walnut dua kali dalam seminggu. Ini akan mencerahkan kulit Anda dan memperbaiki kulit yang rusak. Membuatnya juga tidak sulit, cukup tumbuk kacang walnut dan tambahkan sedikit air.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES