Thursday, 3 Rajab 1441 / 27 February 2020

Thursday, 3 Rajab 1441 / 27 February 2020

Kefir Ternyata Lebih Baik dari Yogurt.

Jumat 27 Jul 2018 13:37 WIB

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Biji Kefir

Biji Kefir

Foto: blogspot.com
Minuman ini kaya probiotik dan berperan sebagai antibiotik pada saluran usus

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hampir setiap budaya sehat di berbagai negara mendukung manfaat kesehatan dari minuman atau makanan fermentasi. Khasiatnya terbukti berabad-abad lamanya.

Kefir berada di daftar teratas sebagai minuman kesehatan yang direkomendasikan, bahkan lebih baik dari yogurt. Kefir adalah susu fermentasi dengan rasa asam dan sedikit alkohol juga soda.

Rasa, warna, dan konsistensi kefir menyerupai yogurt, namun aromanya khas seperti tape. Minuman ini kaya probiotik dan ragi yang berperan sebagai antibiotik pada saluran usus. Bakteri baik dibutuhkan usus untuk kekebalan tubuh.

Ada banyak alasan Anda dianjurkan mengonsumsi kefir, dilansir dari Daily Health Post, Jumat (27/7).

photo
Dengan tubuh dan jiwa yang sehat, seseorang bisa meraih potensi maksimalnya.

1. Tubuh lebih sehat

Manfaat probiotik telah diungkap di berbagai penelitian, khususnya meningkatkan kesehatan saluran usus, kekebalan tubuh, menurunkan prevalensi alergi pada mereka yang rentan, mengurangi risiko kanker tertentu, mengobati kolitis, menurunkan konsentrasi kolesterol serum, menurunkan hipertensi, dan mengobati infeksi urogenital pada wanita.

2. Khasiatnya 100 ribu kali lebih ampuh dari suplemen

Kefir lebih baik dari suplemen atau kapsul probiotik, sebab buatan alami mengandung lebih dari 15 juta bakteri baik. Sebagai perbandingan, satu gelas kefir segar mengandung 1,5 triliun bakteri baik.

photo
Gunakan selalu antibiotik sesuai dosis dan konsultasikan dulu dengan dokter.

3. Mengatasi resistensi antibiotik

Antibiotik saat sekarang kerap digunakan berlebihan. Antibiotik membunuh tanpa pandang bulu bakteri buruk bersamaan dengan bakteri baik.

Ketika bakteri baik hilang dari tubuh, saluran pencernaan adalah hal pertama yang menanggung akibatnya. Mengembalikan jumlah bakteri baik dalam tubuh menjauhkan Anda dari infeksi dan risiko kanker.

photo
Yogurt memiliki kandungan yang setara dengan susu.

4. Lebih baik dari yogurt

Kefir mengandung bakteri menguntungkan yang tidak terkandung dalam yogurt. Jenis bakteri baik dalam kefir adalah Lactobacillus caucasus, Leuconostoc, Acetobacter, Streptococcus, Saccharomyces kefir, dan Torula kefir.

5. Kaya vitamin B12

Kefir kaya dengan vitamin, mineral, enzim, dan spektrum asam amino dalam jumlah besar. Ini bersatu membangun protein untuk fungsi tubuh optimal. Kefir juga sumber trytophan dan asam amino yang menenangkan sistem saraf dan membuat tidur lebih nyenyak.

Kefir kaya vitamin B, khususnya B1, B12, dan biotin, koenzim yang memetabolisme karbohidrat sebagai energi, alih-alih disimpan sebagai cadangan lemak. Vitamin ini membantu menyehatkan fungsi ginjal, hati, dan sistem saraf, juga meredakan iritasi kulit.

6. Membantu detoksifikasi

Kefir membantu detoksifikasi dengan cara menghasilkan zat yang menghambat atau membasmi bakteri berbahaya, seperti Salmonella dan H pylori yang menyebabkan ulkus lambung.

photo
Sel kanker.

7. Membunuh sel kanker

Penelitian terbaru menunjukkan kefir membunuh sel-sel kanker di usus besar dan menghentikan penyebarannya.

8. Semua orang bisa minum kefir

Kefir dapat dikonsumsi semua orang, baik itu yang toleransi atau intoleransi laktosa sekali pun. Ini karena proses fermentasinya menghasilkan enzim laktase.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA