Thursday, 5 Zulhijjah 1439 / 16 August 2018

Thursday, 5 Zulhijjah 1439 / 16 August 2018

Tanaman Obat Ini Perlu Ditanam di Rumah

Kamis 19 July 2018 08:26 WIB

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Friska Yolanda

lidah buaya

lidah buaya

Foto: .
Tak hanya baik dimasak, tanaman ini juga memberi kesembuhan fisik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak keluarga memelihara aneka tanaman obat di kebun rumah, bahkan pot sederhana di jendela kamar. Tanaman ini bukan hanya baik untuk dimasak tapi juga memberi kesembuhan fisik untuk sejumlah penyakit.

Berikut tujuh tanaman obat yang perlu Anda tumbuhkan di rumah, dilansir dari Daily Health Post, Kamis (19/7).

1. Lidah buaya

Lidah buaya atau succulent adalah tanaman rumah yang bagus untuk menyaring udara. Tanaman ini tak membutuhkan perawatan ekstra. Yang Anda butuhkan hanya jendela yang terkena sinar matahari.

Getah daun lidah buaya bisa mengobati luka bakar, eksim, dan psoriasis, mengurangi peradangan, melembabkan kulit. Jika dibuat minuman, lidah buaya bisa mencegah sembelit, batu ginjal, masalah pencernaan, bahkan kolitis ulserativa. Lidah buaya bahkan bisa menghambat kanker kulit dan menurunkan risiko penyakit jantung.

2. Artichoke

Cynarin adalah fitokimia yang ditemukan pada daun arthicoke. Tanaman ini bisa menstimulasi ginjal, hati, dan kantung empedu, sehingga bagus untuk pencernaan. Sinnin di dalamnya juga efektif menurunkan kolesterol darah.

3. Chamomile

Sifatnya menenangkan, sehingga bisa emngurangi stres, dan membuat tidur lebih nyenyak. Chamomile juga meredakan sakit perut dan memperlancar pencernaan. Ramuan chamomile yang dihaluskan bisa melegakan nyeri, termasuk yang disebabkan neuralgia.

4. Ubi rambat

Akar ubi rambat bisa mengobati kelelahan, diare, asma, batuk kering, diabetes, kolesterol tinggi, dan masalah pencernaan. Secara topikal, ubi rambat bisa digunakan untuk mengobati bisul dan abses. Daunnya bisa menyembuhkan gigitan ular dan kalajengking.

5. Pegagan

Tanaman Asia ini telah digunakan untuk obat untuk mengobati varises, penyakit kulit, epilepsi, dan insomnia. Pegagan mengandung fitokimia yang disebut triterpenoid yang bisa mengurangi peradangan dan menghasilkan efek menenangkan. Ini juga membantu merevitalisasi sistem saraf, meningkatkan konsentrasi.

photo

Pegagan.

6. Burdock atau gobo

Bunganya sangat indah. Selain itu, akar tanaman ini adalah detoksifier yang ampuh memberi penyembuhan untuk berbagai penyakit kulit, seperti luka bakar, ruam, bisul, herpes, impetigo, kurap, gigitan serangga, dan jerawat. Daun dan bijinya dapat dihaluskan dan dibuat menjadi tapal untuk mengobati luka bakar, memar, dan luka kulit. 

7. Bunga marigold

Bunga marigold ini dapat dimakan, warnanya oranye, digunakan untuk mengobati demam dan infeksi kronis. Bunganya bisa juga dibuat teh, meningkatkan sirkulasi darah, sementara kelopaknya bisa mengobati sakit kepala, sengatan binatang, dan luka serangga, bahkan cedera mata.

Jika dibuat salep, marigold bisa mempercepat penyembuhan ulkus vena kaki. Batang tanaman ini kuat, sehingga bisa mengangkat kutil. 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES