Kamis, 5 Zulhijjah 1439 / 16 Agustus 2018

Kamis, 5 Zulhijjah 1439 / 16 Agustus 2018

Jangan Tinggalkan Protein Hewani, Ini Beragam Manfaatnya

Selasa 17 Juli 2018 16:22 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

100 gram daging steak mengandung 21 gram protein dan 19 gram lemak

100 gram daging steak mengandung 21 gram protein dan 19 gram lemak

Foto: wikipedia
Protein hewani dan nabati sama baiknya untuk tubuh terutama dalam diet sehat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Manusia membutuhkan protein untuk tetap sehat. Sementara kita tahu daging bukanlah satu-satunya sumber protein.

Bahkan kini banyak orang mengganti protein hewani dengan protein nabati dengan asumsi lebih sehat. Tetapi sebenarnya dua jenis protein ini sama-sama dibutuhkan oleh tubuh, terutama dalam diet sehat.

Protein adalah makronutrien yang terbuat dari asam amino. Seporsi 100 gram steak memiliki 21 gram protein, 19 gram lemak (sebagian besar lemak jenuh), dan tidak mengandung karbohidrat.

Baca: Mudah Flu, Hati-Hati Mungkin Anda Kekurangan Protein

Sementara itu, tahu memiliki delapan gram protein, lima gram lemak, dan dua gram karbohidrat (termasuk sedikit serat). Masing-masing menyediakan berbagai vitamin dan mineral.

Protein nabati juga dapat mencakup gluten, gandum murni, legume, biji-bijian atau sayuran apapun yang menyediakan kandungan protein tinggi (seperti kacang arab dan kacang-kacangan lainnya).

Dilansir dari Vitals Lifehacker, Selasa (17/7), jika anda membutuhkan banyak protein dalam diet, daging adalah jawaban termudah . Namun, daging dan beberapa produksi susu memiliki lemak jenuh.

Sementara itu, ikan mengandung lemak yang lebih sehat. Hanya saja ikan di pasaran kerap kali mengandung merkuri dan zat pengawet yang tidak baik untuk tubuh.

Sedangkan sumber protein nabati lebih banyak mengandung serat dan sedikit protein. Sumber protein nabati juga mengandung banyak pati dan pada dasarnya tidak mungkin mengkonsumsi ini, jika diet yang dipilih adalah diet rendah karbohidrat.

Pada akhirnya sumber protein baik hewani dan nabati sama pentingnya bagi tubuh manusia. Apapun sumber protein yang diperlukan, tidak terlalu sulit untuk mendapatkan semua vitamin dan mineral selama diet anda masuk akal.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Jembatan Rubuh di Italia, Puluhan Tewas

Rabu , 15 Agustus 2018, 23:34 WIB