Thursday, 7 Rabiul Awwal 1440 / 15 November 2018

Thursday, 7 Rabiul Awwal 1440 / 15 November 2018

Ternyata Pestisida Ampuh Usir Kutu di Baju

Rabu 11 Jul 2018 19:52 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Petugas menyemprotkan insektisida untuk mencegah penyebaran ulat bulu.

Petugas menyemprotkan insektisida untuk mencegah penyebaran ulat bulu.

Foto: Antara
Meski efektif, tapi insektisida bisa membuat kulit iritasi atau bahkan lebih parah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak hanya mengganggu kenyamanan, kutu yang menempel pada pakaian sangat berpotensi menimbulkan penyakit. Banyak cara dilakukan orang untuk mengusir kutu, termasuk dengan menyimpan kamper di lemari.

Namun, kini ada kabar baik dari penemuan yang menyatakan jika permetrin atau sejenis pestisida bisa ampuh mengusir kutu. Saat kutu disemprot dengan permethrin, penelitian menunjukkan, kutu dengan cepat menjadi lumpuh dan tidak dapat menggigit. Pestisida secara kimia mirip dengan ekstrak tanaman bunga.

Sebenarnya strategi dengan pestisida sudah dilakukan beberapa dekade untuk mencegah gigitan kutu yang menyebabkan segala macam penyakit jahat, termasuk penyakit Lyme dan demam berbintik Rocky Mountain. Di era 1980-an, militer Amerika Serikat (AS) pernah melakukan beberapa tes menggunakan pestisida yang berasal dari tumbuhan.

Ketika terbukti efektif dalam mencegah gigitan serangga, militer mulai membeli seragam untuk tentara yang dirawat di pabrik dengan permethrin."Ada beberapa penelitian yang memberikan bukti yang cukup menarik bahwa pemakaian pestisida berpotensi mengurangi gigitan kutu," kata Neeta Connally, entomolog medis dari Lab Pencegahan Penyakit Tickborne di Western Connecticut State University, dilansir situs NPR, Rabu (11/7).

Studi terbaru yang diterbitkan pada bulan Mei dalam Journal of Medical Entomology berasal dari para peneliti di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit. Peneliti melakukan ujicoba dengan 10 jenis pakaian, termasuk T-shirt, kaus kaki dan celana.  

Para ilmuwan sengaja menempelkan kutu untuk mengetahui seberapa lama hewan kecil itu bertahan jika disemprot melepaskan permetrin. 

Permethrin telah terdaftar di Environmental Protection Agency sejak 1979, dan EPA secara berkala mengevaluasi ulang. Ini adalah produk yang terdaftar di EPA, yang berarti harus dipelajari untuk keamanan.

Menurut situs web EPA, semprotan permetrin tidak mungkin menimbulkan bahaya langsung atau jangka panjang yang signifikan bagi pemakai pakaian. Menggunakan semprotan permethrin sesuai petunjuk untuk merawat pakaian tidaklah terlalu berisiko.

Pusat Informasi Pestisida Nasional mencatat bahwa beberapa orang yang tidak yakin dengan cara ini. Semprotan insektisida mungkin biasanya membuat kulit sedikit kemerahan atau iritasi, tetapi jarang ada gejala serius.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES