Kamis, 7 Rabiul Awwal 1440 / 15 November 2018

Kamis, 7 Rabiul Awwal 1440 / 15 November 2018

Ini Tujuh Makanan Pencegah Kanker

Selasa 10 Jul 2018 02:42 WIB

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Teguh Firmansyah

Ilustrasi Sel Kanker

Ilustrasi Sel Kanker

Foto: youtube
Brokoli membantu melawan kanker prostat, usus dan kandung kemih.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap tahun kanker telah merenggut jutaan nyawa orang di seluruh dunia. Meskipun penyakit mematikan ini tidak memiliki penyebab yang jelas, berbagai alasan seperti pola makan yang buruk, kekurangan nutrisi dan konsumsi makanan tidak sehat dapat berkontribusi meningkatkan risiko penyakit kanker.

Salah satu cara menghindarkan diri dari penyakit ini yaitu menjaga pola makan sehat. Beberapa jenis makanan bahkan memiliki kemampuan pencegahan kanker. Dengan menambahkannya ke dalam menu diet, tubuh akan dengan mudah menangkal penyakit mematikan ini.

1. Brokoli

Sayuran hijau ini membantu dalam melawan kanker prostat, usus besar dan kandung kemih. Ia kaya serat dan mengandung sulforaphane, senyawa yang sangat kuat yang meningkatkan enzim pelindung tubuh dan mengeluarkan bahan kimia penyebab kanker.

photo

Brokoli

2. Jeruk

Jeruk mengandung vitamin C dan antioksidan, yang diperlukan untuk mencegah kanker. Makan buah-buahan kaya vitamin C dapat mengurangi risiko banyak penyakit lain seperti mengurangi kolesterol, menurunkan berat badan dan membuat kulit terlihat lebih muda. Saat makan jeruk, jangan mencampurnya dengan makanan lain agar tubuh dapat mengonsumsi manfaat jeruk sepenuhnya.

3. Teh hijau

Teh hijau penuh dengan antioksidan dan membantu mencegah kanker esofagus, paru-paru, mulut, hati, pankreas dan prostat. Teh hijau juga mengandung polifenol yang membantu dalam replikasi sel dan memiliki sifat anti-kanker.

4. Jahe

Jahe dapat mengelabui sel kanker untuk membunuh diri mereka sendiri. Jahe dapat menghambat perkembangan sel kanker ovarium dan membatasi kemampuannya untuk menyebar. Jahe juga membantu dalam mengurangi rasa mual dan mabuk kendaraan.

5. Bawang putih

Bawang putih memiliki beberapa sifat antibakteri yang dapat membantu menangkal kanker dalam beberapa cara dan menghentikan penggandaan sel kanker. Bawang putih membantu membunuh sel-sel kanker baik untuk kanker payudara, usus besar, esofagus, dan perut.

photo

Bawang putih

6. Apel

Buah apel memiliki banyak manfaat melawan penyakit dan membantu membunuh sel kanker prostat dan payudara.

7. Ikan salmon

Ikan Salmon kaya akan asam lemak omega-3 dan kaya akan vitamin, protein dan selenium, yang semuanya membantu mencegah kanker hati. Lebih jauh, ikan Salmon juga dapat mengurangi risiko serangan jantung.

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES