Monday, 3 Zulqaidah 1439 / 16 July 2018

Monday, 3 Zulqaidah 1439 / 16 July 2018

5 Manfaat Yoga untuk Kesehatan Jantung

Ahad 24 June 2018 07:41 WIB

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Nur Aini

Yoga. Ilustrasi

Yoga. Ilustrasi

Foto: baltyra.com
Yoga bermanfaat melawan beberapa penyakit.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Tidak hanya baik untuk kesehatan fisik dan mental, yoga juga memiliki manfaat yang besar untuk melawan beberapa penyakit. Hal itu seperti stroke, tekanan darah tinggi, diabetes, dan radang sendi termasuk menjaga kesehatan jantung.

Ahli jantung dari Asian Heart Institute, Dr Santosh Kumar Dora, mengemukakan lima manfaat yoga untuk kesehatan jantung. Menurut Dora, Yoga baik untuk jantung karena gerakannya berpusat pada tubuh dan pikiran sehingga membantu dalam fleksibilitas, penguatan otot, keseimbangan, relaksasi dan konsentrasi.

1. Menurunkan Stres

Stres menyebabkan peningkatan adrenalin dan hormon kortisol yang meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah. Meditasi dan pernapasan dalam memberikan efek menenangkan, menurunkan denyut jantung dan tekanan darah.

2. Menurunkan risiko penyakit yang berkaitan dengan kesehatan jantung

Di samping menurunkan denyut jantung dan tekanan darah, Yoga secara teratur juga dapat menurunkan jumlah kolesterol darah serta gula darah. Beberapa gerakaan yoga juga sangat dapat mengurangi lemak perut dan lingkar pinggang. Hal itu membantu meningkatkan kesehatan jantung.

4. Meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan otot inti

Yoga adalah bentuk latihan yang baik untuk membakar kalori. Yoga dapat meningkatkan fleksibilitas sendi dan kekuatan otot inti sehingga meningkatkan kapasitas seseorang melakukan latihan aerobik seperti jogging, berlari, berenang, bersepeda, dan lainnya. Latihan aerobik membakar kalori secara signifikan dan membuat jantung menjadi lebih sehat.

4. Yoga Bantu setop kecanduan rokok

Merokok adalah salah satu faktor risiko terbesar untuk penyakit arteri koroner dan serangan jantung. Perokok yang berlatih yoga secara teratur cenderung dapat berhenti merokok. Yoga dapat membantu mengurangi stres dan juga mengurangi keinginan untuk merokok.

5. Membantu rehabilitasi jantung

Orang-orang yang memiliki risiko tinggi penyakit jantung, aritmia, hipertensi, gagal jantung umumnya menghadapi banyak tekanan emosional dan fisik. Yoga adalah cara efektif untuk mengurangi stres dan memperkenalkan pasien ke berbagai program rehabilitasi jantung. Bahkan, yoga juga dipraktekkan secara luas selama rehabilitasi jantung.

Untuk mendapatkan kesehatan jantung, Yoga dapat dilakukan dua atau tiga kali seminggu selama 30 hingga 45 menit sehari. Bagi pasien dengan penyakit jantung sangat disarankan untuk untuk melakukan yoga dengan di dampingi pelatih khusus.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES