Kamis, 7 Syawwal 1439 / 21 Juni 2018

Kamis, 7 Syawwal 1439 / 21 Juni 2018

10 Tip Mengatasi Bercak Putih pada Gigi

Kamis 14 Juni 2018 13:58 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Memeriksakan diri ke dokter gigi sangat penting karena berkaitan dengan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Memeriksakan diri ke dokter gigi sangat penting karena berkaitan dengan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Foto: pixabay
Butuh beragam terapi untuk mengatasi munculnya bercak putih pada gigi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian orang mengalami masalah dengan munculnya bercak putih pada permukaan gigi. Meski biasanya tidak berbahaya, bercak putih pada gigi dianggap dapat mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri.

Pada dasarnya ada cukup banyak hal yang dapat menyebabkan bercak putih muncul pada gigi. Beberapa di antaranya fluorosis gigi, hipoplasia email gigi, kebersihan gigi yang buruk, dan terlalu banyak mengonsumsi maknaan asam atau manis.

Ada beberapa terapi yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah bercak putih pada gigi. Jenis terapi akan dipilih sesuai dengan masalah yang melatarbelakangi munculnya bercak putih pada gigi. Berikut ini adalah 10 cara mengatasi dan mencegah bercak putih seperti dilansir Medical News Today.

 

Atasi bercak putih

 

1. Mikroabrasi Email

Sebagian kasus bercak putih pada gigi bisa diatasi dengan mikroabrasi email. Selama prosedur dilakukan, dokter gigi akan membuang sebagian kecil email dari gigi untuk mengurangi penampakan bercak putih.

Mikroabrasi email biasanya diikuti dengan perawatan bleaching gigi atau pemutihan gigi. Perawatan ini akan membuat warna gigi tampak lebih sama dan merata.

 

photo

Gigi putih cemerlang

2. Bleaching atau Pemutihan Gigi

Bleaching gigi dapat membantu mengurangi tampilan bercak putih maupun warna lain pada permukaan gigi. Ada banyak jenis pemutih gigi seperti strips dan paste yang dijual bebas di pasaran.

Selain itu, perawatan bleaching gigi yang profesional juga bisa didapatkan dari dokter gigi. Perawatan pemutihan gigi oleh dokter gigit biasanya menggunakan larutan pemutih yang lebih kuat dibandingkan pemutih gigi di pasaran sehingga dapat memberi efek yang lebih baik.

 

3. Veneer Gigi

Veneer gigi merupakan lapisan tipis yang dipasang menutupi permukaan gigi. Lapisan ini dapat menutupi bercak putih maupun noda lain pada gigi dengan efektif. Yang perlu menjadi catatan adalah veneer gigi harus disesuaikan dengan kondisi gigi pasien dan hanya boleh dipasang oleh dokter gigi.

 

4. Fluoride Oles

Fluoride topikal atau fluoride oles bisa diberikan pada pasien yang memiliki bercak putih pada gigi akibat hipoplasia email. Fluoride topikal dapat mendorong perkembangan email gigi dan membantu mencegah kerusakan gigi.

 

5. Resin Komposit

Pasien dengan hipoplasia email bisa mendapatkan resin komposit untuk mengisi gigi berlubang dan mengikat email luar gigi. Akan tetapi, opsi terapi ini kurang cocok untuk pasien yang memiliki banyak bercak putih pada gigi.

 

Mencegah Bercak Putih Gigi

 

1. Air Bebas Fluoride

Pada anak, penggunaan air bebas fluoride untuk membuat susu formula dapat mencegah terjadinya penumpukan fluoride pada gigi anak.

 

2. Gunakan Pasta Gigi dalam Jumlah yang Tepat

Jumlah pasta gigi yang digunakan saat menyikat gigi dapat membantu mencegah timbulnya bercak putih. Anak berusia di bawah tiga tahun sebaiknya tidak menggunakan pasta gigi lebih banyak dari ukuran satu butir beras. Anak-anak di atas tiga tahun sebaiknya tidak menggunakan pasta gigi lebih banyak dari ukuran satu biji kacang polong.

 

3. Mengetes Air Sumur

Orang-orang yang menggunakan air dari sumur sebaiknya memeriksa kadar fluoride pada air sumur mereka setiap tahun. Hal ini penting untuk mengetahui kadar fluoride alami yang biasanya berbeda-beda di tiap tempat.

 

photo

Berbagai jenis minuman manis (ilustrasi)

4. Mengurangi Makanan dan Minuman Manis dan Asam

Makanan dan minuman manis maupun bergula boleh dikonsumsi sesekali. Namun, jika dikonsumsi terlalu sering, makanan dan minuman manis maupun asam dapat merusak gigi, termasuk memicu timbulnya bercak putih pada gigi.

Beberapa makanan dan minuman yang perlu dibatasi adalah jus jeruk dan jus buah-buahan lain seperti anggur dan lemon, permen keras dan makanan manis lain, minuman bersoda dan minuman bergula lain. Jika mengonsumsi makanan dan minuman ini, gigi sebaiknya segera dibersihkan.

 

5. Mengunjungi Dokter Gigi Berkala

Bercak putih biasanya tidak berbahaya, tetapi mengganggu. Di sisi lain, bercak putih juga bisa disebabkan oleh hipoplasia email. Kondisi ini dapat meningkatkan risiko kerusakan gigi.

Oleh karena itu, bercak putih pada gigi yang bertambah banyak maupun bertambah besar sebaiknya segera diperiksakan ke dokter. Bercak putih gigi yang disertai rasa sakit pada gigi juga perlu segera diperiksakan. Dokter gigi akan memeriksa gigi sesuai dengan kondisi dan gejala sehingga dapat memberikan terapi yang terbaik dan tepat. 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES