Wednesday, 6 Rabiul Awwal 1440 / 14 November 2018

Wednesday, 6 Rabiul Awwal 1440 / 14 November 2018

JIH Hadirkan Home Care bagi Pasien Pasca-Rawat Inap

Selasa 12 Jun 2018 17:51 WIB

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq

Pemotongan pita sebagai peresmian program layanan JIH Home Care dari RS JIH.

Pemotongan pita sebagai peresmian program layanan JIH Home Care dari RS JIH.

Foto: Dokumen.
Banyak manfaat yang dihasilkan dalam pelayanan tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Usai rawat inap, pasien kerap mendapati kesulitan menerapkan perawatan dan pelayanan medis di rumah. Hal itu yang disadari Rumah Sakit JIH untuk menghadirkan perawatan dan pelayanan medis di rumah atau home care pasca-rawat inap.

Setelah menjalani rawat inap untuk perawatan sakitnya, pasien-pasien memang masih harus mendapatkan perawatan dan pelayanan medis di rumah. Perawatan ini kadang-kadang tidak bisa dilakukan sendiri keluarga pasien, maupun pramurukti yang menjaga pasien di rumah.

Kasus ini sering terjadi seperti kepada pasien pasca-stroke, penderita lansia, dan pasien lain dengan kebutuhan perawatan medis di rumah. Pasalnya, belum banyak lembaga yang bisa menyediakan layanan medis di rumah pasien, secara lengkap, dan sesuai standar dan kaidah kedokteran.

Menyadari kebutuhan tersebut dan memberikan pelayanan kesehatan berkesinambungan, RS JIH menghadirkan layanan baru yaitu JIH Home Care. Direktur Utama RS JIH, Dr Mulyo Hartana menekankan, pelayanan dari RS JIH ini berbeda dengan home care lain.

"Kami akan mempersembahkan layanan yang komprehensif dengan tenaga yang terlatih, peralatan berstandar tinggi, premium, serta berbasiskan pelayanan yang syariah dengan biaya yang terjangkau," kata Mulyo, kepada Republika.co.id, Selasa (12/6).

Kriteria layanan home care itu sendiri merupakan pasien dengan penyakit degenerative seperti stroke, diabetes dan hipertensi, pasien post kecelakaan, pasien post melahirkan, pasien dengan luka bakar, pasien yang memerlukan pemasangan kateter, dan lain-lain.

Kriteria itu ditentukan setelah dilakukan penilaian dokter yang ada dalam Tim Home Care, berdasarkan kebutuhan perawatan penyakit yang memerlukan perawatan lanjutan di rumah. Banyak manfaat yang dihasilkan dalam pelayanan tersebut.

Selain mendapatkan pelayanan yang tersandar secara medis, pasien dan keluarganya tidak kehilangan waktu karena harus berkunjung ke rumah sakit. Tentu, dapat menghindari pula kebutuhan transportasi khusus bagi pasien. "Sehingga, quality of life atau kualitas hidup pasien diharapkan akan baik," ujar Mulyo.

Layanan JIH Home Care ini terdiri dari beberapa petugas medis yang mumpuni di bidangnya, sehingga tercapai layanan yang prima. Tim terdiri dari dokter umum, perawat, pengemudi, serta tenaga pendukung lain sesuai kebutuhan.

Kebutuhan mulai dari ahli gizi, fisioterapis, dan sesuai kebutuhan-kebutuhan pasien. Tim didukung kelengkapan alat medis, alat kesehatan, dan transpotasi berupa mobil. Sedangkan, layanan medisnya meliputi pemeriksaan dokter, pemasangan NGT, sonde dan perawatan luka, dan lain-lain.

JIH Home Care ini dapat melayani pasien pasca-rawat inap dan akan beroperasi setiap hari kerja, Senin sampai Sabtu pukul 08.00-16.00 WIB. Durasi dan frekuensi kunjungan sendiri akan sesuai kebutuhan pasien.

Untuk mendapatkan informasi mengenai layanan JIH-HOMECARE, dapat menghubungi call center 24 jam di 0274 446 3535 ext.1 dan whatsapp Layanan Pelanggan di 0811 282 3535. Selain itu, informasi dapat dilihat dengan mengunjungi website JIH-Homecare di www.rs-jih.co.id/homecare.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Brimob Peringati HUT Ke-73

Rabu , 14 Nov 2018, 20:22 WIB