Thursday, 7 Syawwal 1439 / 21 June 2018

Thursday, 7 Syawwal 1439 / 21 June 2018

Teh Biru, Teh Unik dengan Segudang Manfaat Kesehatan

Senin 11 June 2018 00:16 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari

Bunga telang

Bunga telang

Foto: Pixabay/Janeb13
Minuman ini mengandung antioksidan yang tinggi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Teh hijau dan teh hitam merupakan jenis teh yang sudah sangat dikenal khasiat kesehatannya di berbagai belahan dunia. Ada satu jenis teh lain yang jarang diketahui namun memiliki khasiat kesehatan yang tak kalah dari teh hijau dan teh hitam. Jenis teh tersebut adalah teh biru.

Seperti namanya, teh biru memiliki warna biru yang cantik dan unik. Teh ini terbuat dari bunga butterfly pea atau dikenal di Tanah Air dengan sebutan bunga telang. Teh biru biasanya teroksidasi sebagian selama proses produksi untuk memberikan rasa yang khas.

Tak seperti teh hijau yang sedikit terasa pahit, teh biru memiliki rasa yang manis dan earthy. Hal ini membuat teh biru lebih mudah disukai, termasuk oleh orang-orang yang tidak menyukai rasa pahit teh.

Teh biru diketahui memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Berikut ini adalah tujuh manfaat kesehatan teh biru seperti dilansir Indian Express.

Penguat Daya Ingat

Teh biru diyakini memiliki khasiat yang baik dalam meningkatkan daya ingat. Hal ini telah dibuktikan melalui beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa bunga butterfly pea atau Clitoria ternatea dapat membantu fungsi daya ingat dan otak dengan cara meningkatkan neurotransmitter bernama Acetylcholine.

Meredakan Kecemasan

Beberapa studi juga menunjukkan bahwa bunga butterfly pea dalam dosis tinggi memiliki efek anxiolytic yang bermanfaat pada hewan percobaan. Bunga ini juga diketahui dapat membantu tubuh dalam menghadapi stresor atau pemicu stres.

Meringankan Asma

Teh biru dapat bertindak sebagai ekspektoran atau perangsang pengeluaran dahak dari saluran pernapasan. Oleh karena itu, teh biru dapat membantu meringankan batuk, demam dan asma.

Mengurangi Panas Demam

Teh biru diyakini dapat membantu menurunkan panas tubuh yang demam dengan cara melebarkan pembuluh darah yang berada di bawah kulit. Pelebaran ini memungkinkan udara untuk mendinginkan darah dengan lebih mudah.

Membantu Pasien Diabetes

Bunga butterfly pea diketahui dapat membantu menghambat peningkatan glukosa dari makanan di dalam tubuh. Oleh karena itu, teh biru diyakini dapat membantu pasien diabetes tipe II dalam mengendalikan kadar gula darah.

Antioksidan Super Tinggi

Warna biru yang pekat mengindikasikan bahwa teh ini memiliki jumlah antioksidan yang sangat tinggi. Antioksidan bermanfaat dalam menurunkan risiko kerusakan sel. Antioksidan juga diketahui dapat memperlambat efek penuaan pada kulit dan rambut.

Antiinflamasi

Bunga berwarna biru ini juga diketahui kaya akan flavonoid. Flavonoid adalah antioksidan yang kuat dengan sifat antiinflamasi. Hal ini membuat teh hijau diyakini dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES