Saturday, 9 Rabiul Awwal 1440 / 17 November 2018

Saturday, 9 Rabiul Awwal 1440 / 17 November 2018

Manfaat Kunyit yang Terlupakan

Selasa 05 Jun 2018 18:56 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Friska Yolanda

Kunyit

Kunyit

Foto: flickr
Kurkumin membantu antidepresan bekerja lebih bik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kunyit merupakan salah satu rempah-rempah yang banyak digunakan dalam masakan Indonesia. Memberikan warna kuning dan rasa yang khas, kunyit ternyata juga memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.

Tanaman ini pun sudah dikenal lama sebagai salah satu jenis olahan jamu yang sering dikonsumsi sehari-hari. Namun, seiring berkembangnya zaman, manfaat kunyit seakan dilupakan.

Untuk mengingatkan kembali, berikut ini manfaat kunyit dikutip dari Webmd, Selasa (5/6).

 

Depresi

Beberapa senyawa dalam kunyit dapat mendukung kesehatan mental seseorang. Yang paling terkenal dari pemberi manfaat untuk kesehatan mental merupakan kurkumin. Para ilmuwan sangat tertarik dengan potensi kurkumin untuk meredakan depresi dan membantu antidepresan bekerja lebih baik.

 

Infeksi virus

Kalau sedang dalam kondisi cuaca yang tidak tentu, mungkin menyesap teh kunyit menjadi salah satu yang dianjurkan. Kurkumin mungkin membantu untuk melawan berbagai virus, termasuk herpes dan flu. Ingatlah, kunyit hanya memiliki sekitar tiga persen kurkumin, dan tubuh tidak menyerap kurkumin dengan baik, sehingga sesekali cangkir teh tidak menjadi obat yang selalu mujarab.

 

Sindrom pramenstruasi (PMS)

Sebuah penelitian baru-baru ini yang diikuti perempuan selama tiga siklus menstruasi berturut-turut menemukan suplemen kurkumin membantu meringankan gejala PMS. Sebuah penelitian tentang otot-otot dari tikus menunjukkan bahwa kunyit dapat juga meredakan kram menstruasi.

 

Kolesterol Tinggi

Penelitian tentang kemampuan kunyit untuk melindungi tubuh terbaru telah ditemukan. Beberapa penelitian telah menemukan kunyit dapat menurunkan kolesterol 'jahat' LDL, sementara yang lain menyimpulkan menyatakan itu tidak cukup berpengaruh. Para ilmuwan terus mengamati kemungkinan kunyit yang melindungi jantung. Satu penelitian kecil menemukan kunyit dapat membantu menangkal serangan jantung pada orang yang menjalani operasi bypass.

 

Radang sendi

Kunyit telah menjanjikan kemampuannya untuk meringankan nyeri sendi, kekakuan, dan peradangan. Namun, perlu lebih banyak penelitian sebelum kunyit menjadi perawatan arthritis. Kalau memutuskan untuk mencobanya untuk mengobati nyeri sendi, bantu tubuh untuk menyerap kurkumin alami dengan memakan kunyit bersama lada hitam.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES