Selasa, 3 Zulhijjah 1439 / 14 Agustus 2018

Selasa, 3 Zulhijjah 1439 / 14 Agustus 2018

5 Makanan yang Harus Dihindari Ketika Sembelit

Selasa 17 April 2018 12:43 WIB

Rep: Noer Qomariah K/ Red: Indira Rezkisari

Toilet

Toilet

Foto: Republika/Yogi Ardhi
Makanan yang rendah serat bisa jadi alasan konstipasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengalami konstipasi atau sembelit pasti menimbulkan rasa tidak nyaman. Menurut National Institute of Health, buang air besar kurang dari tiga kali seminggu atau merasa sakit saat buang air besar bisa menjadi tanda Anda terkena sembelit.

Gangguan ini bisa dihindari dengan memperbaiki kebiasaan makan. Penting bagi Anda untuk menghindari beberapa makanan ini agar tidak mengalami sembelit.

Produk susu

Jika mengalami sembelit, hindari mengonsumsi produk susu. Terutama jika Anda tidak toleran terhadap laktosa. Sebab tubuh mungkin merasa sulit memproses gula dalam susu dan akhirnya menyebabkan sembelit.

Gorengan

Makanan ini tinggi lemak dan tidak memiliki serat. Dikutip dari Times of India, Selasa (17/4), makan makanan berlemak tinggi menyulitkan pencernaan dan membutuhkan waktu lebih lama untuk metabolisme.

Pisang mentah

Hindari makan pisang mentah jika Anda mengalami konstipasi. Pisang yang belum matang akan membuat sulit buang air besar.

Makanlah pisang matang untuk menghilangkan sembelit karena mengandung serat, menyerap air dari usus, dan memperbaiki gerakan usus.

Nasi putih

Nasi putih merupakan makanan yang harus dihindari jika mengalami konstipasi. Nasi putih minim serat. Pilihlah beras merah yang kaya serat.

Makanan beku

Makanan ini memiliki nilai gizi rendah, rendah serat, dan tinggi lemak. Jika mengalami konstipasi, hindari mengonsumsi makanan beku.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Pembangunan Venue JIEXpo Kemayoran Dikebut

Selasa , 14 Agustus 2018, 20:45 WIB