Friday, 8 Rabiul Awwal 1440 / 16 November 2018

Friday, 8 Rabiul Awwal 1440 / 16 November 2018

Lima Cara untuk Berhenti Merokok Selamanya

Selasa 03 Apr 2018 05:30 WIB

Rep: MGROL102/ Red: Yudha Manggala P Putra

Kampanye antirokok. Ilustrasi

Kampanye antirokok. Ilustrasi

Foto: Antara
Berpikir positif dan pikirkan biaya yang dihabiskan untuk rokok.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Merokok tidak hanya berbahaya bagi kesehatan diri sendiri. Kebiasaan buruk itu juga mempengaruhi kesehatan orang lain.

Direktur Medis Klinik Kesehatan Bupa, Dr Luke James mengatakan, “Merokok adalah kecanduan yang tidak hanya mempengaruhi kesehatan kita sendiri tetapi juga kesehatan orang-orang di sekitar kita.”

Ia menambahkan bahwa terdapat penelitian yang menunjukan jika seseorang berhenti merokok selama empat minggu, tidak hanya memungkinkan ia berhenti merokok untuk selamanya. Tetapi, dapat membuat orang tersebut akan merasa lebih mudah bernapas dan memiliki lebih banyak energi.

Berikut ini saran yang diberikan Dr James tentang bagaimana perokok bisa berhenti merokok selamanya seperti dilansir di laman Standard, Sabtu (31/3).

1. Berpikir positif

Kunci untuk berhenti merokok adalah ‘ingin’ melakukannya. Bersikap positiflah tentang perubahan dan ketahuilah bahwa melakukan hal tersebut dapat meningkatkan kesehatan diri sendiri.

Jika sedang berjuang dan membutuhkan dukungan, hubungi keluarga dan teman-teman agar mereka memberi dukungan ketika berjuang untuk berhenti merokok.

2. Ganti kebiasaan

 Jika mulai membayangkan keinginan merokok, maka gantilah dorongan itu dengan sesuatu yang lebih sehat seperti pergi berjalan-jalan, menelepon seorang teman, atau memanjakan diri sendiri dengan camilan sehat. Sehingga hal ini dapat membantu melawan keinginan merokok.

Selain itu, sangat penting juga untuk menjaga agar tangan dan mulut tetap sibuk. Jika setelah makan, banyak orang yang cenderung merokok, maka mulailah lakukan hal lain agar tetap sibuk.

3. Pecahkan rutinitas

Pemicu merolok sering ditemukan dalam rutinitas sehari-hari. Seorang perokok biasanya akan menantikan istirahat untuk bisa merokok. Untuk mengatasi hal ini, ubahlah rutinitas yang ada dengan melakukan hal lain dengan berjalan-jalan saat istirahat atau menjalankan tugas sambil makan siang.

4. Pikirkan uangnya

Berhenti merokok sepanjang waktu akan menghemat cukup banyak uang dengan cepat.

Simpan uang yang biasanya dihabiskan untuk merokok dan perhatikan hal itu tumbuh. Dari situ, bisa dihitung berapa banyak yang bisa dihemat.

5. Meminta bantuan

Merokok bisa menjadi kecanduan secara serius, meski bagi sebagian orang masih menganggap merokok sebagai pelindung ketika mengalami tekanan atau kesulitan. Namun, jika sedang  berjuang, temui dokter untuk meminta pertolongan untuk terbebas dari kehidupan asap rokok.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES