Rabu, 5 Zulqaidah 1439 / 18 Juli 2018

Rabu, 5 Zulqaidah 1439 / 18 Juli 2018

4 Trik Sarapan Sehat untuk Diabetes Tipe 2

Jumat 16 Maret 2018 07:00 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Dwi Murdaningsih

Ilustrasi Diabetes

Ilustrasi Diabetes

Foto: dok. Farrer Park Hospital
Penderita diabates harus memilih makanan yang lebih sehat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Diabetes tipe 2 seringkali dikaitkan dengan penerapan pola hidup dan pola makan yang tak seimbang. Jika tak dikendalikan, diabetes tipe 2 dapat menyebabkan masalah kesehatan baru yang lebih serius.

Selain melalui obat-obatan, diabetes tipe 2 juga perlu dikendalian melalui pengaturan pola makan yang seimbang. Salah satunya bisa dilakukan dengan cara melakukan pemilihan jenis makanan yang tepat untuk sarapan.

Diabetes UK mengungkapkan ada empat alternatif yang bisa dilakukan penderita diabetes tipe 2 demi mendapatkan sarapan yang lebih sehat. Berikut ini adalah keempat alternatif tersebut seperti dilansir Express.

Urin Anda Berbau Manis? Waspadai Hal Ini

Mengganti Sereal

Sereal dan granola memang nampak sebagai makanan yang sehat. Sayangnya, granola maupun sereal seringkali disajikan dengan gula dan lemak yang tinggi.

Penderita diabetes tipe 2 yang mungkin terbiasa sarapan dengan sereal atau granola bisa mengganti menu sarapan mereka dengan bubur oat. Tentunya, sajian oat yang dikonsumsi bebas dari beragam gula dan pemanis tambahan. Rasa manis bisa didapatkan dari potongan buah-buahan yang dicampur ke dalam oat.

Alternatif Sarapan Gurih

Sebagian orang lebih menyukai sarapan yang gurih daripada sarapan yang manis. Penderita diabetes tipe 2 yang lebih menyukai sarapan gurih sebisa mungkin harus menghindari sajian makanan yang digoreng. Cara mengolah makanan yang lebih dianjurkan adalah dengan dipanggang.

Menu daging merah juga sebaiknya dihindari dan diganti dengan ikan-ikan berlemak. Beberapa di antaranya adalah ikan salmon dan haring utuh. Ikan-ikan ini akan terasa sangat lezat jika disajikan dengan telur orak-arik, tomat panggang dan jamur serta roti panggang.

Minuman Bergizi

Sebagian orang gemar meminum susu saat sarapan. Penderita diabetes tipe 2 yang ingin meminum susu saat sarapan sebaiknya memilih jenis susu yang tepat. Susu whole milk sebaiknya diganti dengan alternatif laim seperti susu semi skim atau susu skim. Dengan cara ini, penderita diabetes tipe 2 dapat memangkas kalori cukup besar.

Bagi penikmat kopi di pagi hari, perhatikan juga campuran susu yang digunakan dalam membuat kopi. Diabetisi yang terbiasa meminum latte bisa beralih ke medium latte atau beralih ke cappuccino yang dibuat dengan susu skim.

Sarapan Praktis

Kesibukan membuat sebagian orang harus sarapan di jalanan. Dalam kondisi ini, bar sereal yang praktis seringkali menjadi pilihan untuk menu sarapan. Padahal, tidak selamanya bar sereal itu sehat.

Diabetes UK menyarankan penderita diabetes tipe 2 yang harus memilih menu sarapan yang lebih sehat. Beberapa di antaranya adalah buah segar dan segenggam kacang. Jenis sarapan praktis ini bisa dikombinasikan dengan segelas susu semi skim atau susu skim untuk hidrasi dan menambah asupan kalsium bagi tulang dan gigi.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES