Rabu, 6 Syawwal 1439 / 20 Juni 2018

Rabu, 6 Syawwal 1439 / 20 Juni 2018

Larutan Antiseptik Efektif Atasi Infeksi di Mulut

Selasa 13 Maret 2018 04:36 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari

Menjaga kesehatan mulut tidak kalah penting dari organ tubuh lain.

Menjaga kesehatan mulut tidak kalah penting dari organ tubuh lain.

Foto: Flickr
Cairan kumur antiseptik mengurangi jumlah bakteri dan virus rongga mulut.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beberapa waktu yang lalu, Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI) memberikan rekomendasi penggunaan beberapa jenis larutan untuk penanganan sariawan dan menjaga kebersihan mulut. Beberapa larutan yang direkomendasikan oleh BPOM adalah povidone iodine 1 persen, benzydamineHCl, atau kombinasi dequalinium chloride dan vitamin C yang dapat diklasifikasikan sebagai antiseptik.

Penggunaan cairan atau larutan antiseptik merupakan salah satu metode untuk mengurangi peradangan pada daerah sariawan. Sekaligus menjaga kebersihan daerah mulut agar kuman dan bakteri tidak menyebar.

Ketua Ikatan Spesialis Penyakit Mulut Indonesia, Drg Rahmi Amtha, MDS, Sp.PM, PhD mengatakan pemakaian larutan antiseptik merupakan salah satu cara dalam menjaga kebersihan daerah mulut. "Saat kebersihan mulut terjaga, risiko terjadinya sariawan karena bakteri ataupun virus akan berkurang secara signifikan," ujarnya yang juga merupakan Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PBPDGI).

Salah satu larutan antiseptik yang direkomendasikan untuk menjaga kebersihan daerah mulut adalah larutan Povidone-Iodine 1 persen. Povidone-Iodine 1 persen merupakan zat anti mikroba yang memiliki manfaat untuk menjaga kebersihan daerah mulut dan tidak menimbulkan resistensi.

Berdasarkan hasil penelitian, cairan kumur antiseptik mengandung Povidone Iodine terbukti dapat mengurangi jumlah bakteri dan virus pada rongga mulut sebanyak 99.4 persen dengan efektivitas tinggi dan waktu singkat. Povidone Iodine lebih efektif dibandingkan antiseptic lainnya seperti Chlorexidine Gluconate dengan efektivitas 59.7 persen ataupun Cetylpyridinum Chloride dengan efektivitas 97.0 persen.

Educator and Trainer Mundipharma,dr. MerrySulastri menambahkan Povidone-Iodine terbukti secara klinis dapat membunuh kuman seperti bakteri, jamur ataupun virusdi area mulut dan tenggorok secara efektif . "Kami menganjurkan pada masyarakat untuk menggunakan larutan yang mengandung Povidone Iodine 1 persen untuk berkumur dan menjaga kesehatan daerah mulut, terutama apabila risiko infeksi atau iritasi di daerah mulut meningkat seperti sakit tenggorokan, sariawan, gusi bengkak ataupun bau mulut tak sedap," ujarnya.

Povidone Iodine 1 persen telah teruji efektif secara klinis dan aman digunakan pada rongga mulut dan juga daerah tenggorok karena memiliki spectrum yang luas, dapat membantu mempercepat penyembuhan luka infeksi di rongga mulut, dan membantu menghentikan pendarahan. Povidone Iodine juga merupakan salah satu rekomendasi utama dari World Health Organization (WHO) dalam pemakaian antiseptik di rongga mulut.

"Dengan membiasakan melakukan kumur dan gargle selama 30 detik dengan menggunakan Povidone-Iodine dapat membantu mengurangi risiko dan mencegah infeksi di rongga mulut menjadi semakin parah," ujarnya

Drg Rahmi meyarankan dalam menjaga kebersihan dan kesehatan mulut, masyarakat dihimbau untuk mengikuti petunjuk pemakaian obat ataupun larutan dengan tepat. Masyarakat juga harus lebih awas terhadap kondisi yang dialami. "Apabila sariawan yang dialami terjadi berulang-ulang ataupun dalam waktu yang panjang, masyarakat direkomendasikan berkonsultasi lebih lanjut ke dokter."

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Pencarian Korban KM Sinar Bangun

Rabu , 20 Juni 2018, 18:09 WIB