Monday, 4 Syawwal 1439 / 18 June 2018

Monday, 4 Syawwal 1439 / 18 June 2018

Yuk Pilih Makanan Sehat Sesuai Kebutuhan Tubuh

Ahad 11 March 2018 22:07 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Ani Nursalikah

Alpa membersihkan wajah dari riasan sebelum tidur menyebabkan keriput cepat muncul.

Alpa membersihkan wajah dari riasan sebelum tidur menyebabkan keriput cepat muncul.

Foto: Prayogi/Republika
Memilih makanan sehat sesuai kebutuhan tubuh dapat memperbaiki penampilan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memilih makanan sehat sesuai apa yang dibutuhkan tubuh dapat memperbaiki penampilan secara alami. Berikut sederet makanan yang sebaiknya diasup dan dihindari berdasarkan rekomendasi pakar gizi Sarah Brewers dalam buku barunya, Eat Well, Look Great.

- Cegah keriput

Kulit perempuan menua 25 persen lebih cepat dibandingkan pria, sehingga kaum hawa disarankan lebih memperhatikan makanan untuk mencegah keriput. Makanan yang dianjurkan antara lain bayam, telur, ayam, kalkun, ikan, daging, dan kacang-kacangan. Sebaliknya, hindari konsumsi berlebih gula, tepung-tepungan, dan makanan olahan.

- Atasi rambut rontok

Setelah usia 25 tahun, diameter rambut seseorang berkurang secara alami dan jumlahnya turun drastis usai 40 tahun. Untuk mencegah rambut rontok, konsumsi minyak biji labu, minyak biji rami, ubi jalar, dan bawang putih. Asupan utama yang perlu dijauhi adalah garam berlebihan yang disinyalir dapat memicu kerontokan rambut.

- Melembapkan bibir

Bibir kering dan pecah-pecah biasanya disebabkan dehidrasi serta kurang asupan zat besi, seng, dan vitamin B. Cara mencegahnya adalah minum banyak air serta makan buah-buahan seperti jeruk, mangga, wortel, ubi, dan labu. Makanan pantangannya, yaitu sayuran yang dimasak terlalu matang karena minim kandungan vitamin B2.

- Mata berkantung

Untuk menghalau kantung mata yang mengganggu, tambahkan asupan potasium dalam diet harian. Mineral tersebut bisa membantu membuang kelebihan sodium melalui ginjal dan mengurangi bengkak di bawah mata. Caranya, cukup dengan mengonsumsi santapan laut, tomat, pisang, plum, ubi, wortel, dan sayuran berdaun hijau gelap.

- Gigi lebih putih

Gigi memang menguning seiring pertambahan usia, tetapi merokok dan minum minuman tertentu bisa memperparah kondisinya. Untuk membuat warna putih alami gigi kembali, disarankan berkumur setelah makan dan minum. Meningkatkan asupan kaya kalsium seperti keju, bayam, dan kale juga akan membantu, dikutip dari laman Mirror.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES