Sabtu, 9 Syawwal 1439 / 23 Juni 2018

Sabtu, 9 Syawwal 1439 / 23 Juni 2018

Olahraga Buat Otak Lebih Muda

Rabu 28 Februari 2018 07:36 WIB

Red: Esthi Maharani

Kesehatan otak.

Kesehatan otak.

Foto: Pixabay
Orang tua yang rajin berolahraga akan mengurangi penurunan kognitif hingga 36 persen.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Hasil temuan studi baru menyatakan jika olahraga bisa mengatasi penurunan kognitif. Orang tua yang rajin berolahraga akan mengurangi penurunan kognitif hingga 36 persen.

Dalam penelitian yang dipublikasikan di jurnal Medicine & Science in Sports & Exercise, periset menyatakan, orang tua yang memiliki aktivitas fisik sedang hingga tinggi memiliki risiko penurunan kognitif 36 persen lebih rendah. Mereka pun memiliki kemampuan memori dan fungsi yang lebih baik, daripada orangtua yang melakukan olahraga lebih sedikit.

 

(Baca: Olah Raga Bantu Kurangi Masalah Otak)

Periset melakukan pemantauan pada 6.400 orang berusia lebih dari 65 tahun dengan pelacak aktivitas selama seminggu. Mereka juga menilai kemampuan kognitif orang melalui serangkaian tugas.

Setelah tiga tahun berlalu, orang tua yang melakukan aktivitas fisik sedang hingga tinggi secara signifikan cenderung tidak mengalami masalah kognitif. Justru mereka yang kurang melakukan aktivitas fisik cenderung mengalami penurunan dalam hal kognitif.

Laporan terbaru menambahkan bukti ilmiah jika aktivitas fisik dikaitkan dengan kesehatan otak yang lebih baik. Olahraga telah ditunjukkan untuk memperbaiki aliran darah ke otak, yang dapat merangsang pertumbuhan pembuluh darah dan sel baru.

Dengan cara tersebut juga telah terbukti menurunkan risiko seseorang terkena penyakit kronis seperti diabetes dan obesitas, yang dapat mengurangi kesehatan otak dari waktu ke waktu. Studiter baru lainnya menemukan bahwa olahraga dapat memperlambat penuaan di otakhingga 10 tahun, diikutip dari Time, Rabu (28/2).

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES