Monday, 3 Rabiul Akhir 1440 / 10 December 2018

Monday, 3 Rabiul Akhir 1440 / 10 December 2018

Empat Makanan Wajib Penunjang Sistem Imun

Ahad 14 Jan 2018 09:55 WIB

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari

Sup Miso Jepang.

Sup Miso Jepang.

Foto: Wikipedia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sistem imun tubuh yang baik dapat mempercepat proses penyembuhan pilek dan flu ketika seseorang sakit. Sistem imun tubuh bisa ditingkatkan dengan cara istirahat yang cukup, olahraga dan makan makanan sehat.

Makanan yang dapat menunjang sistem imun tubuh adalah makanan yang kaya akan vitamin C atau L-arcorbic acid (asam askorbat). Vitamin C atau asam askorbat merupakan antioksidan yang kuat dan memainkan peran utama dalam menjaga fungsi sistem imun berjalan dengan baik.

Tidak seperti hewan, manusia tidak dapat membuat vitamin C sendiri di dalam tubuh. Oleh karena itu, penting bagi manusia untuk mendapatkan vitamin C dari makanan. Sumber vitamin C terbaik umumnya adalah buah-buahan sitrus, seperti jeruk bali, jeruk dan jeruk clementine. Selain itu, buah lain seperti kiwi, strawberry dan nanas juga merupakan sumber vitamin C yang baik.

Makanan lain yang dapat meningkatkan sistem imun adalah makanan yang kaya akan vitamin A. Vitamin A merupakan vitamin larut lemak yang merupakan kunci bagi kesehatan penglihatan, penunjang fungsi organ dan juga sistem imun. Vitamin A bisa ditemukan pada woetel, bayam, ubi hingga ikan berlemak, susu dan unggas.

Vitamin E juga baik dikonumsi untuk menunjang sistem imun karena vitamin E merupakan antioksidan yang dapat menunjang sistem imun sekaligus kesehatan kulit dan mata. Vitamin E bisa didapatkan dari beragam makanan mulai dari minyak zaitun, kacang-kacangan seperti almond, biji-bijian, gandum utuh hingga sayuran hijau seperti bayam dan brokoli.

Zat gizi lain yang berguna dalam penyembuhan pilek dan flu adalah zinc atau zat seng. Zinc merupakan zat gizi penting yang dibutuhkan tubuh untuk segala al termasuk membuat DNA yang dapat melawan beragam bakteri dan virus. Salah satu sumber zinc terbaik adalah tiram.

Vitamin C, A, E dan zat seng memang bisa didapatkan dari suplemen berbentuk tablet. Akan tetapi sebagian besar ahli menilai vitamin dan zat gizi lain lebih baik didapatkan melalui makanan. Independent merangkum setidaknya ada empat jenis makanan yang dapat menunjang sistem imun dan sebaiknya tersedia di rumah.

Tomat Kalengan atau Tomat dalam Botol

Tomat merupakan salah satu bahan makanan yang kaya akan beragam vitamin dan zat gizi penting. Hanya saja tak semua orang bisa dengan mudah menemukan tomat kapan saja. Pada kondisi seperti ini, tomat kalengan bisa menjadi solusin yang tepat.

Jamur Porcini Kering

Selain kaya akan serat, vitamin B, vitamin C, kalsium hingga kalium, jamur merupakan sumber dari dua antioksidan yang sangat baik untuk melindungi tubuh dari beragam masalah penuaan. Jamur Porcini merupakan salah satu jenis jamur yang memiliki efek terbaik. Porcini pada dasarnya merupakan jamur asli Italia akan tetapi Porcini dalam bentuk kering bisa dicari dan dibeli dengan cukup mudah. Proses pengeringan juga tidak menghilangkan zat-zat gizi penting dalam Jamur Porcini.

Furikake

Furikake merupakan bumbu asal Jepang yang terbuat dari campuran antara wijen hitam, wijen hitam, rumput laut dan terkadang dengan tambahan cabai bubuk. Wijen terkenal kaya akan beragam zat gizi penting termasuk protein, zat besi, zat seng, zat tembaga dan vitamin E. Sedangkan rumput laut dikenal kaya akan protein, zat besi, kalsium, yodium dan vitamin.

Bahan Sup Miso

Sup Miso juga merupakan makanan khas asal Jepang yang biasanya disajikan dengan nasi dan acar sebagai menu sarapan. Sup Miso terbuat dari campuran kaldu dashi dan pasta miso yang kaya akan vitamin B dan protein. Selain itu, Sop Miso juga biasa disajikan dengan rumput laut dan tahu yang juga kaya akan beragam zat gizi baik, dilansir dari laman Independent.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA