Kamis, 5 Zulhijjah 1439 / 16 Agustus 2018

Kamis, 5 Zulhijjah 1439 / 16 Agustus 2018

Teknologi Pompa ASI Terbaru Mudahkan Ibu Menyusui

Ahad 14 Januari 2018 04:50 WIB

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Israr Itah

Pompa ASI (ilustrasi)

Pompa ASI (ilustrasi)

Foto: Philip

REPUBLIKA.CO.ID, LAS VEGAS  -- Dua perusahaan teknologi, Willow dan Freemie, meluncurkan dua produk pompa ASI portabel. Produk ini memungkinkan para ibu tetap memompa ASI sambil bergerak.

Ibu-ibu menyusui biasanya harus memompa ASI beberapa kali dalam sehari dengan durasi masing-masing sekitar 20 menit. Alat pompa ASI tradisional biasanya menimbulkan suara saat dioperasikan.

Alat pompa ASI Willow dan Freemie Liberty didesain agar bisa dipakai para ibu dengan lebih leluasa dengan diselipkan di bagian dalam bra. Tidak seperti pompa ASI tradisional, alat pompa otomatis ini menggunakan daya dari baterai dan tidak menimbulkan suara gaduh. Alat ini dipamerkan di pameran teknologi CES di Las Vegas, AS pekan ini, demikian dilansir BBC pekan ini.

''Ibu-ibu menyusui memang menghadapi tekanan saat akan memompa ASI. Mereka harus mengisolasi diri di ruangan sempit untuk bisa menjalankan tugas keibuannya,'' kata CEO Willow, Naomi Kelman.

Willow mendapatkan penghargaan atas termuan alat ini dalam gelaran CES 2017 ini. Produk Willow ini juga sudah tersedia di pasar ritel dengan harga 479 dolar AS.

Meski sebuah inovasi, Willow tak lepas dari kritikan. Seorang pengguna pompa otomatis ini mengkritik kantung ASI 118 mililiter yang disediakan Willow terlalu kecil.

Willow berjanji akan menyediakan opsi kantung ASI dengan berbagai ukuran ke depan. Selain itu, pompa juga bisa dihentikan sementara bila kantung penampung ASI tidak cukup.Willow juga menyuguhkan aplikasi berbasis iOS untuk membantu para ibu merekam data produksi ASI mereka.

Sementara itu, pompa otomatis Freemie adalah produk portabel pertama dari Dao Health. Pompa ASI Freemie ini memilki fitur berhenti otomatis jika ASI yang terkumpul sudah mencapai volume tertentu.

Salah satu pendiri Dao, Dr Stella Dao mengaku mendapat ide membuat pompa ASI otomatis ini dari pengalaman ia dan suaminya Dan Garbez saat anak kembar mereka baru lahir. Garbez menyadari, istrinya harus memompa ASI 10 hingga 12 kali sehari dengan durasi masing-masing 30 menit dan membuat istrinya kesulitan menjalankan aktivitas lain.

''Istri saya tetap ingin bekerja. Tapi kondisi saat itu membuatnya kesulitan, maka saya pikir harus ada sesuatu yang membantunya,'' kata Garbez.

Freemie Liberty tidak dilengkapi aplikasi seluler seperi Willow. Produk ini juga sudah ada di toko ritel dengan harga 300 dolar.

Analis teknologiCreative Strategies,Carolina Milanesi mengatakan, sangat menarik melihat pasar memiliki produk teknologi yang memudahkan para ibu menyusui. Dalam kehidupan serba sibuk seperti saat ini, para ibu juga makin dituntut menyeimbangkan kehidupan karier dan keluarga.

''Para ibu nampaknya akan menyambut baik solusi teknologi ini sehingga mereka bisa menyeimbangkan peran mereka,'' kata Milanesi.

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA