Jumat, 8 Syawwal 1439 / 22 Juni 2018

Jumat, 8 Syawwal 1439 / 22 Juni 2018

Obesitas Bisa Picu Dua Jenis Kanker

Jumat 12 Januari 2018 14:09 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Indira Rezkisari

Pria kegemukan (obesitas)

Pria kegemukan (obesitas)

Foto: Reuters

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Para pakar kesehatan memperingatkan bahaya nyata obesitas. Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS) menyampaikan, obesitas berpotensi memicu kanker payudara, kanker usus, diabetes tipe dua, penyakit jantung koroner, dan stroke.

Dikutip dari laman Express, pemerintah Inggris tengah menggencarkan pencegahan kondisi kegemukan itu. Saat ini, obesitas diperkirakan berefek ke satu dari empat orang dewasa dan satu dari lima anak berusia 10-11 tahun di Inggris.

Sebagai bagian dari Pekan Kesadaran Obesitas Nasional, NHS membagikan kiat untuk mencegah dan mengatasi obesitas. Cara terbaik yang dianjurkan adalah konsumsi makanan sehat, diet rendah kalori, dan olahraga rutin.

Salah satu saran metode yakni diet untuk menghentikan hipertensi yang disingkat dalam akronim DASH. Diet itu membuat seseorang mengonsumsi lebih banyak buah, sayur, gandum utuh, ikan, unggas, kacang-kacangan, dan susu rendah lemak.

Sebaliknya, diet membatasi makanan yang mengandung lemak jenuh dan kolesterol, serta sodium, permen, minuman bergula, dan daging merah. Pengaturan pola makan dan jenis makanan tersebut sebaiknya diimbangi dengan berolahraga.

Trik lain untuk menurunkan berat badan dengan cepat adalah dengan mengonsumsi lada hitam. Senyawa piperonal dalam lada secara signifikan terbukti mengurangi efek berbahaya dari diet tinggi lemak, namun eksperimen ini baru dilakukan pada hewan.

Periset dari Universitas Sri Venkateswara menemukan tikus yang diberi suplemen lada selama enam pekan memiliki berat badan, persentase lemak, dan kadar gula darah lebih rendah. Tulang mereka juga terbukti lebih kuat dibandingkan tikus tanpa asupan lada.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA