Sunday, 10 Syawwal 1439 / 24 June 2018

Sunday, 10 Syawwal 1439 / 24 June 2018

Benarkah Minum Banyak Air Putih Bantu Kurangi Berat Badan?

Jumat 12 January 2018 08:17 WIB

Rep: Christiyaningsih/ Red: Winda Destiana Putri

Minum air putih

Minum air putih

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Ada beberapa studi yang menyatakan bahwa konsumsi air putih bisa memengaruhi berat badan seseorang. Studi tersebut benar adanya karena asupan air putih dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan, konsumsi air putih ternyata juga membantu tubuh jadi lebih langsing, lho!

Dilansir dari laman Femina India, air putih tak hanya membantu metabolisme tubuh namun juga mengurangi nafsu makan. Konsumsi 500 mililiter air putih per hari mampu meningkatkan metabolisme antara 25-30 persen. Air putih adalah minuman bebas kalori sehingga jika kita mengonsumsinya kita tak memasukkan kalori sedikit pun ke dalam tubuh.

Penambahan konsumsi satu cangkir air putih sehari disebut mampu mengurangi berat badan sekitar 0,13 kilogram. Jika secara rutin seseorang terbiasa minum air putih yang cukup, maka dalam kenaikan berat badan dapat ditekan hingga 0,5 kilogram per tahun.

Air putih yang paling ideal untuk diminum adalah air putih dingin, bukan air putih hangat. Karena, tubuh akan membakar kalori ketika menyesuaikan suhu air dengan suhu dalam tubuh. Minum air putih satu setengah jam sebelum makan juga membantu mengurangi asupan kalori dalam tubuh.

Selain bermanfaat membakar kalori, rutin minum air putih juga bisa mengatasi problem pencernaan. Akan tetapi terlalu banyak minum air putih juga tak disarankan. Sebaiknya asupan air putih disesuaikan dengan berat badan dan aktivitas sehari-hari.

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA