Sunday, 9 Zulqaidah 1439 / 22 July 2018

Sunday, 9 Zulqaidah 1439 / 22 July 2018

Enam Makanan yang Buat Perut Makin Lapar

Senin 11 December 2017 14:12 WIB

Rep: Christiyaningsih/ Red: Indira Rezkisari

Keripik kentang

Keripik kentang

Foto: pixabay

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pernahkah anda merasa selalu lapar padahal baru saja makan? Rupanya tidak semua makanan membuat orang yang mengonsumsinya jadi kenyang, lho. Ada beberapa makanan yang bila dikonsumsi justru membangkitkan nafsu makan tak lama kemudian.

Dikutip dari laman Independent, setidaknya ada enam jenis makanan yang sebaiknya dihindari jika tak ingin mulut terus menerus mengunyah.

Gula Buatan

Segala jenis makanan dan minuman yang mengandung gula buatan disebut membuat orang jadi makin lapar. Menurut ahli nutrisi Kathleen Alleaume, setelah mengonsumsi gula buatan, orang jadi ingin makan lagi dan lagi. Contoh mudah adalah jika kita minum kola diet.

"Gula buatan tidak membuat penikmatnya kenyang. Gula ini membuat kita terpikat makanan lain. Selain itu adanya gula buatan mengindikasikan bahwa makanan atau minuman itu mengalami banyak pemrosesan dan tak baik jika dikonsumsi dalam jumlah besar," ujar Alleaume.

Salad

Tidak semua jenis salad membuat kita jadi lapar. Ada beberapa salad yang membuat kita sehat sekaligus menghindarkan diri dari rasa lapar berlebih. Beras merah, ubi, aneka protein seperti ayam dan salmon, serta lemak sehat sangat direkomendasikan.

"Makanan apapun yang tidak mengandung komponen tersebut akan membuat Anda mencari makanan lagi karena merasa masih lapar," kata Alleaume.

Jus

Jus memang kaya akan vitamin. Akan tetapi santapan ini mengandung gula yang tinggi namun rendah serat, lemak, dan protein. Padahal ketiga komponen itulah yang membuat perut menjadi kenyang.

"Minum jus bisa jadi memasok antioksidan bagi tubuh. Namun tubuh menyerap fruktosa atsu gula buah lebih cepat. Minuman penuh kalori bisa memicu tekanan darah dan membuat lapar," jelas Alleaume. Selain itu, minum air kaya kalori tidak memberikan efek kenyang yang sama seperti jika makan makanan padat.

Keripik

Selagi berpikir bahwa keripik adalah makanan ringan rendah kalori, sebagian besar kandungannya ternyata adalah karbohidrat. Ini berarti kandungan keripik dengan cepat diserap tubuh dan Anda kembali merasa lapar tak lama setelahnya. Agar keripik menjadi cemilan yang lebih mengenyangkan, Alleaume merekomendasikan keripik dengan topping selai kacang, alpukat, atau ricotta.

Makanan ringan bergaram

Makanan ringan yang penuh garam membuat Anda lebih haus dan lebih lapar. "Makan snack bergaram membuat anda lebih lapar dan tak kunjung kenyang," ujar Alleaume.

Alkohol

Alkohol memang bukan kategori makanan melainkan minuman yang sarat kalori serta menyebabkan peminumnya makin lapar. "Penelitian juga menunjukkan bahwa alkohol membuat otak 'berubah mode' menjadi mode lapar," jelas Alleaume. Inilah sebabnya setelah minum minuman beralkohol seseorang merasa tertarik untuk makan kentang goreng.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA