Monday, 4 Syawwal 1439 / 18 June 2018

Monday, 4 Syawwal 1439 / 18 June 2018

Cara Cegah Perut Kembung Usai Makan

Senin 18 September 2017 08:22 WIB

Red: Esthi Maharani

Sakit perut

Sakit perut

Foto: ist

REPUBLIKA.CO.ID, Seringkali perut terasa kembung setelah makan. Coba terapkan tujuh kiat ini seperti dilansir boldsky.com.

1. Hindari mengonsumsi terlalu banyak cairan

Jangan minum terlalu banyak cairan saat makan, kebiasaan ini membuat gas terkumpul di perut yang membuat kita merasa kembung.

2. Makan perlahan

Jangan makan terburu-buru, kunyah dengan baik sebelum menelan makanan. Cara ini bisa membantu makanan dicerna lebih baik di perut dengan lebih sedikit cairan lambung, mengurangi akumulasi kelebihan gas.

3. Olahraga tiap hari

Berolahraga setiap hari penting untuk mencegah akumulasi kelebihan gas dan mencegah kembung. Berjalan kaki selama 15 menit setelah makan juga bisa membantu.

4. Menyantap makanan rendah garam

Garam bisa jadi penyebab akumulasi gas berlebih dalam perut, jadi kurangi makanan rendah garam agar perut tidak kembung.

5. Hindari minuman bersoda

Jangan minum minuman bersoda atau minuman energi saat makan. Minuman berkarbonasi bisa menstimulasi produksi asam dan gas berlebih di perut, membuat kita merasa kembung.

6. Kurangi makanan berserat tinggi

Jika Anda sedang diet makanan berserat tinggi, mungkin Anda bisa mengurangi jumlah yang dikonsumsi setiap hari karena makanan tinggi serat bisa mengakibatkan kembung.

7. Hindari olahan susu

Makanan olahan susu seperti keju dan mentega bisa mengakumulasi kelebihan lemak di perut.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES