Selasa 20 Jun 2017 15:18 WIB

Idul Fitri, RSIY PDHI Yogyakarta Tetap Buka Layanan UGD

Layanan kesehatan RSIY PDHI.
Foto: Dokumen
Layanan kesehatan RSIY PDHI.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Hari Raya Idul Fitri 1438 H jatuh pada Ahad – Senin (25-26 /6) adalah libur nasional. Kendati demikian, demi memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat, RSIY PDHI Yogyakarta bakal tetap membuka layanan kesehatan pada saat Idul Fitri mendatang.

Menurut Ketua Komite Rekam Medis dan Sistem Informasi RSIY PDHI, dr Titie Endarty, rumah sakit ini tetap membuka pelayanan bagi peserta BPJS Kesehatan kasus non emergency (tidak gawat darurat) tanpa rujukan dari FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama, red) domisili Kabupaten Sleman dan Kulonprogo di UGD.  

“Sedangkan dari 19 Juni - 2 Juli, semua pelayanan bagi peserta BPJS Kesehatan yang mudik yang berasal dari luar daerah Sleman dan Kulonprogo bisa dilayani baik yang emergency (gawat darurat) maupun yang tidak di UGD,” ujarnya, Selasa (20/6).

Maka itu, ia mengimbau kepada seluruh karyawan rumah sakit untuk memersiapkan semuanya dan menyesuaikan dengan jadwalnya karena ada beberapa dokter yang sedang cuti. Sehingga agar disesuaikan dengan jadwal cuti dan konsultasinya.

Sebab, meski libur, RSIY PDHI tetap membuka Dokter on Call. “Jadi mereka tetap bisa dihubungi dan memberikan layanan konsultasi kepada masyarakat,” jelasnya, dalam siaran pers.

Ia menambahkan, RSIY PDHI juga tetap membuka layanan farmasi, radiologi, dan laboratorium. “Untuk tim medis, harus siap. Karena meski lebaran kita harus tetap siap melayani kesehatan masyarakat,” kata dr Titie.

Sedangkan untuk bangsal di RSIY PDHI tetap siap membuka layanan dan dikondisikan dengan tenaga kesehatan yang ada. Baik perawat maupun dokter jaga juga siap melayani.

Hanya saja, tidak semua dokter bisa karena ada yang sedang cuti. “Meski begitu, bila ada hal-hal yang dibutuhkan, kita tetap siap dan bisa membantu tim di UGD,” katanya.

Sementara itu, Manajer SDM RSIY PDHI, H Karnadi,  juga menginformasikan bahwa RSIY PDHI juga membuka layanan Manajer On Call. Mereka siap 24 jam ditelepon untuk keperluan konfirmasi agar pelayanan tetap terjaga. Selain itu, ada juga Dokter on Call dan Fisioterapi on Call.

Jadi, meski dalam momen Lebaran, mereka tetap melayani masyarakat. “Kita tetap menjalankan pelayanan sesuai dengan CSE (Customer Service Exellent, red) rumah sakit, meski puasa dan sedang merayakan Idul Fitri,” jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement