Kamis 23 Feb 2017 07:41 WIB

Trik Menggunakan Lensa Kontak untuk Pemula

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Lensa kontak
Foto: flickr
Lensa kontak

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mata Anda minus tapi malas pakai kacamata? Biasanya mereka yang begitu akan menggunakan lensa kontak. Namun bagi pemula memakai lensa kontak bukan hal yang mudah. Pasti ada rasa tidak nyaman di mata.

Brand Executive Acuvue Indonesia, Anindia Putri, menjelaskan untuk pemula jangan melakukan spekulasi dengan warna lensa kontak yang cantik, tapi tidak tahu bagus atau sehat. Pilihlah lensa kontak yang aman dan nyaman.

Langkah awal pemakaian tentu tangan harus dalam keadaan bersih. Cuci tangan dan buka mata. Mata melihat ke bawah kemudian tempelkan lensa kontak yang ada di ujung jari ke mata. Lama-lama akan menempel sendiri.

"Rasanya memang 10 detik pertama menyesuaikan. Tapi, 20 jam ke depan tidak berasa pakai sama sekali," tambahnya.

Senada Professional Affairs Manager Acuvue, Cheni Lee, mengatakan sebelum menggunakna lensa kontak harus ada pemeriksaan mata. Kemudian dari segi kesehatan dilihat dulu apakah cocok pakai lensa kontak atau tidak. Kemudian ikuti instruksi yang diberikan oleh lensa kontak yang dipilih.

Jangan lupa cuci tangan dulu sebelum memakai lensa kontak. Perawatannya pun harus benar. "Sesuai waktunya kalau mau ganti. Jam pakai berapa lama harus diperhatikan," tambahnya.

Ia juga mengingatkan agar pemakai lensa kontak tidak lupa mencopotnya saat jelang tidur. Hal ini lantaran lensa konyak tidak boleh dibawa tidur untuk yang jenis harian. Lensa kontak jenis ini hanya dipakai pada saat mata terbuka. "Jadi pagi pakai, malam sebelum tidur lepas."

Lupa mencopot lensa kontak harian menyebabkan mata bisa mengalami pembengkakan. Jika terus menerus dipakai bahkan mungkin terjadi komplikasi. Gunakan lensa kontak harian sesuai aturan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement