Selasa, 23 Safar 1441 / 22 Oktober 2019

Selasa, 23 Safar 1441 / 22 Oktober 2019

Pasien Sunat Dewasa Membutuhkan Pendekatan Berbeda

Rabu 14 Des 2016 14:53 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari

 Ilustrasi sunat dewasa

Ilustrasi sunat dewasa

Foto: Republika On Line/Mardiah diah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sunat merupakan tindakan medis yang memiliki dampak bagi kesehatan. Karena itu tindakan sunat harus dilakukan oleh tim medis profesional, terutama pada kasus sunat yang terkait penyakit.

Menurutnya kesalahan menyunat dapat menimbulkan komplikasi seperti perdarahan, infeksi, kosmetik yang kurang baik, hingga penis terasa nyeri bila ereksi karena kulit yang dibuang terlalu banyak.

Pemilik Rumah Sunatan, dr Mahdian Nur Nasution, SpBS menambahkan pendekatan emosional terhadap pasien juga sangat penting agar pasien merasa nyaman dan lebih terbuka kepada dokter. Terutama bila pasiennya adalah orang dewasa.

Orang dewasa yang hendak disunat perlu diberikan kesempatan untuk berkonsultasi lebih jauh mengenai tindakan yang akan dilakukan. Ruangan prosedur sunat yang terpisah antara orang dewasa dan anak tentu juga akan mengurangi rasa malu pria dewasa karena tidak perlu duduk mengantri di antara anak-anak.

"Persiapanannya sebenarnya sama saja dengan sunat anak. Tidak perlu puasa. Tidak perlu cek laboratorium. Kecuali ada riwayat diabetes, HIV. Itu harus ada persiapan khusus yang dilakukan dokter," ujarnya kepada wartawan dalam media gathering Indikasi Medis Sirkumsisi di Jakarta, Selasa (13/12).

Salah satu tempat sunat yang bisa jadi rekomendasi untuk dewasa adalah Rumah Sunatan. Rumah Sunatan adalah circumcision Centre atau Pusat Pelayanan Khitan untuk segala usia, mulai dari usia bayi, anak-anak, remaja hingga dewasa. Sebagai Circumcision Centre, Rumah Sunatan menyediakan layanan khitan dengan berbagai metode dan alat inovasi baru yang canggih, menyelenggarakan pelatihan khitan bagi para dokter di berbagai kota besar, memberikan konsultasi khitan dan informasi seputar dunia khitan kepada masyarakat, serta menyediakan alat-alat dan perlengkapan khitan (circumcision device) kepada para dokter yang membutuhkan.

Saat ini, Rumah Sunatan telah memiliki unit pelayanan khusus bernama Sunat Dewasa bagi pasien berusia di atas 20 tahun. Unit ini ditangani langsung oleh dokter dan perawat profesional yang sudah terbiasa melayani pasien sunat dewasa, baik dari dalam maupun luar negeri. Pelayanan Sunat Dewasa dilengkapi dengan ruang tindakan yang nyaman dan terpisah dan ruang tindakan anak-anak, serta fasilitas pemeriksaan laboratorium sebelum prosedur tindakan dilakukan. Pasien sunat dewasa juga diberikan kesempatan seluas-luasnya untuk berkonsultasi lebih jauh perihal prosedur yang akan dilakukan.


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA