Sunday, 8 Rabiul Awwal 1442 / 25 October 2020

Sunday, 8 Rabiul Awwal 1442 / 25 October 2020

Tips Hadapi Penderita Gangguan Mental

Selasa 25 Oct 2016 07:26 WIB

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Andi Nur Aminah

Orang yang mengalami gangguan jiwa (ilustrasi)

Orang yang mengalami gangguan jiwa (ilustrasi)

Foto: Boldsky

REPUBLIKA.CO.ID, Gangguan mental merupakan penyakit yang memengaruhi stabilitas mental seseorang yang bisa merusak kehidupan sehari-harinya. Ada banyak penyebab masalah ini bisa terjadi, seperti ketidakseimbangan zat kimia pada otak, faktor keturunan, trauma dan sebagainya seperti dikutip laman Boldsky, Selasa (25/10).

Beberapa gangguan mental yang paling umum adalah depresi, kecemasan, skizofrenia, gangguan kepribadian dan sebagainya.  Jika Anda mengenal beberapa orang dengan gangguan mental dan hendak mengurus mereka dengan cara yang lebih baik, maka Anda perlu mengikuti sejumlah tips.

Pertama, Anda harus memastikan seseorang benar-benar mengalami masalah pada psikologisnya. Sebab, banyak yang merasa dirinya mengalami gangguan mental hanya amukan atau dibuat-buat.

Pastikan seseorang terkena gangguan mental tidak dianggap sebagai orang tidak normal. Semakin mereka merasa ditinggalkan, maka akan semakin rusak kesehatan mentalnya.  

Buatlah kehadiran mereka seakan berharga bagi Anda. Jangan pernah membuat mereka merasa sendirian. Jika terjadi, mereka berisiko melakukan percobaan bunuh diri.

Anda perlu banyak tahu masalah-masalah gangguan mental dengan mengumpulkan berbagai informasi. Jangan lupa untuk mencarikan tenaga ahli atau terapi yang bisa mengontrol gejala tersebut. Hal terpenting lainnya saat memiliki teman atau seseorang yang mengalami gangguan jiwa adalah sabar.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA