Minggu, 8 Zulhijjah 1439 / 19 Agustus 2018

Minggu, 8 Zulhijjah 1439 / 19 Agustus 2018

Hipertensi? Waspadai 3 Hal Ini

Jumat 07 Oktober 2016 12:11 WIB

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Andi Nur Aminah

Hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Foto: torange

REPUBLIKA.CO.ID, Hipertensi atau tekanan darah tinggi sangat umum diderita kalangan orang dewasa. Setiap satu dari tiga orang dewasa didiagnosa mengalami penyakit ini.

Pada dasarnya, informasi mengenai faktor penyebab terjadinya hipertensi sudah banyak diketahui. Namun, tak banyak yang mengetahui bahwa beberapa kebiasaan yang selama ini dilakukan juga bisa memicu hipertensi.

Berikut beberapa kebiasaan yang harus diwaspadai agar Anda terhindar dari hipertensi.

Kurangi masakan Cina

Bagi pecinta kuliner Cina, sebaiknya Anda kurangi memakan masakan Cina. Sebab sebagian besar masakan Cina ternyata mengandung natrium yang cukup tinggi bahkan melampaui kebutuhan harian. Seperti penggunaan saus, kecap, saus teriyaki, dan saus bawang putih yang kaya akan natrium.

 

Kebiasaan gym yang salah

Kebiasaan melakukan gym yang salah dan asupan protein yang berlebih dari suplemen protein dapat menekan tubuh dan meningkatan adrenalin. Hal ini pun memicu hipertensi. Berolahragalah sesuai porsi dan waktu yang cukup dengan diimbangi asupan yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Hindari tidur di siang hari

Studi baru mengungkapkan bahwa tidur di siang hari juga dapat meningkakan risiko tekanan darah tinggi. Sebuah survei menunjukkan mereka yang memiliki kebiasaan tidur siang meningkatkan risiki hipertensi hingga 13 hingga 19 persen.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA