Kamis 06 Oct 2016 13:05 WIB

Benarkah Mandi Air Dingin Baik untuk Kesehatan?

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Andi Nur Aminah
ketika Anda mandi dengan air dingin, tubuh akan secara alami mencoba menghangatkan diri sendiri.
Foto: pixabay
ketika Anda mandi dengan air dingin, tubuh akan secara alami mencoba menghangatkan diri sendiri.

REPUBLIKA.CO.ID, Untuk memulai hari, kebanyakan orang lebih memilih mandi di pagi hari menggunakan air hangat. Padahal, mandi di pagi hari dengan air dingin akan berdampak baik bagi kesehatan terutama menghilangkan stres serta meningkatkan kewaspadaan.

Sebuah studi yang dilakukan di Belanda menyebutkan seseorang yang mandi dengan air dingin dapat menyembuhkan penyakit lebih cepat dibandingkan dengan mereka yang biasa mandi dengan air hangat. Dari 3.000 peserta studi, dua pertiga di antaranya yang memilih mandi pagi dengan air dingin telah melaporkan bahwa energi mereka meningkat seperti sehabis meminum secangkir kopi yang kuat.

Sophie Kreitzberg mengikuti tantangan mandi air dingin secara reguler selama 30 hari. Dia mengaku mandi dengan air dingin membantunya meningkatkan semangat beraktivitas setiap hari.

“Saya merekomendasikan cara ini untuk meningkatkan energi dengan cepat dan sebagai mood-booster,” kata Kreitzberg.

Fakta lain juga menunjukkan bahwa melangkah ke dalam air dingin dapat membuat Anda merasa lebih waspada secara mental. Hal itu disebabkan peningkatan denyut jantung karena efek terkejut. Mandi dengan air dingin juga dapat meningkatkan sirkulasi dan melepaskan endorfin (senyawa kimia yang membuat seseorang merasa bahagia).

Tidak hanya itu, mandi air dingin bisa digunakan sebagai metode  untuk mengobati pasien yang menderita depresi. Berenang atau berendam di air dingin dapat menenagkan suasana hati si penderita depresi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement