Rabu 05 Oct 2016 15:56 WIB

Ini Faktor yang Meningkatkan Risiko Stroke

Rep: Gita Amanda/ Red: Andi Nur Aminah
Penderita penyakti stroke dirawat di rumah sakit.
Foto: dok.Republika
Penderita penyakti stroke dirawat di rumah sakit.

REPUBLIKA.CO.ID, Sebagai penyakit yang menyebabkan kematian nomor satu di Indonesia, stroke perlu diwaspadai. Ada beberapa faktor yang meningkatkan risiko penyakit ini.

Dokter ahli saraf Peter Gunawan mengatakan ada sejumlah faktor peningkat risiko terserang stroke. Pertama adalah tekanan darah. Ini meningkatkan 33 persen risiko serangan stroke pada seseorang.

Kedua faktor usia, semakin tua maka orang akan semakin berisiko terkena serangan stroke. "Rokok, ini juga sangat 'membantu' meningkatkan risiko. Sebab merokok dapat membuat pembuluh darah tersumbat," kata Peter saat berbicara di Media Gathering yang diselenggarakan Siloam Hospitals, di TB Simatupang, Jakarta, Rabu (5/10).

Selain itu kegemukan dan obesitas juga meningkatkan risiko. Konsumai alkohol pun tak ketinggalan sebagai salah satu faktor peningkat.

Peter mengatakan untuk mereka yang terkena serangan stroke harus segera dibawa ke rumah sakit. Itu dilakukan untuk meminimalisor risiko. Sebab penderita stroke berpacu dengan waktu agar dapat 'diselamatkan'.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement