Friday, 7 Zulqaidah 1439 / 20 July 2018

Friday, 7 Zulqaidah 1439 / 20 July 2018

Sistem Imunitas Tubuh Pengaruhi Perilaku Sosial

Selasa 19 July 2016 08:10 WIB

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Indira Rezkisari

.

.

Foto: flickr

REPUBLIKA.CO.ID, Malfungsi sistem imununitas tubuh ternyata turut berperan dalam penyakit saraf seperti autisme dan schizophrenia. Hal itu ditemukan dalam penelitian yang dilakukan oleh Sekolah Medis Universitas Massachusetts dan sudah dipublikasikan dalam jurnal Nature.

"Penemuan kami memberi pemahaman lebih mendalam tentang disfungsi sosial dalam kelainan neurologis seperti autisme dan schizophrenia," ujar Asisten Profesor di Sekolah Medis Universitas Massachusetts Vladimir Litvak seperti dikutip The Indian Express, Sabtu (16/7).

Para peneliti mengembangkan pendekatan baru untuk menginvestigasi hubungan kompleks antara sinyal imun dan fungsi otak dalam kesehatan dan penyakit. Melalui pendekatan ini, peneliti menemukan sistem imun bisa berpengaruh langsung dan bahkan mengubah perilaku sosial tikus dan hewan percobaan lain.

Peneliti dari Universitas Virginia Jonathan Kipnis mengatakan, otak dan sistem imun dianggap terisolasi satu sama lain. Segala aktivitas imun dalam otak pun dianggap sebagai tanda patologi.

"Sekarang, kami tak hanya menunjukkan mereka begitu dekat berinteraksi tapi juga perilaku kita mungkin bisa berubah karena respons imun pada patogen," kata Kipnis.

(baca: 10 Kombinasi Makanan Agar Lebih Sehat)

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA