Selasa 05 Jul 2016 08:56 WIB

10 Kombinasi Makanan Agar Lebih Sehat

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari
Telur dan salad
Foto: flickr
Telur dan salad

REPUBLIKA.CO.ID, Tiap-tiap makanan memiliki kandungan nutrisi dan manfaat yang berbeda bagi tubuh. Kombinasi makanan yang tepat ternyata dapat memberikan nutrisi dan manfaat yang lebih optimal untuk diserap oleh tubuh.

Peneliti menemukan bahwa kombinasi makanan yang tepat dapat menciptakan interaksi yang mendorong sinergi antarmakanan. Reaksi antarmakanan yang dikombinasikan dengan tepat ini dapat membantu tubuh menyerap lebih banyak vitamin, mineral dan antioksidan. Sehingga sebagai timbal baliknya, risiko kanker, penyakit jantung, stroke hingga diabetes pun sangat mungkin diturunkan.

"Sinergi itu seperti satu ditambah satu dan kita mendapatkan hasil empat bukan dua, jumlah keseluruhan lebih besar dibandingkan jumlah secara individual," terang ahli gizi Elaine Magee seperti dilansir Mirror.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui kombinasi makanan yang tepat agar mendapatkan nutrisi yang optimal. Berikut ini ialah 10 inspirasi kombinasi makanan yang tepat dan mudah Anda coba di rumah.

Yogurt Rendah Lemak dan Salmon

Jika Anda akan membuat roti lapis dengan salmon, ada baiknya jika Anda menambahkan olesan yogurt rendah lemak. Vitamin D dari ikan berlemak seperti salmon dapat membantu tubuh menyerap kalsium yang terdapat dalam yogurt denga lebih baik. Selain itu, mengonsumsi lebih banyak vitamin D dan kalsium juga dapat menurunkan risiko PMS hingga 40 persen menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal JAMA Internal Medicine.

Telur dan Salad

Penelitian oleh Purdue University di Amerika Serikat menemukan bahwa orang-orang yang mengonsumsi salad dengan telur mampu menyerap lebih banyak antioksidan karotenoid dari sayuran dalam salad dibandingkan dengan mereka yang hanya menyantap salad tanpa telur. Ahli gizi Kim Pearson mengatakan lemak dalam telur berperan dalam meningkatnya kemampuan tubuh dalam menyerap karotenoid. Antioksidan ini diketahui memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan jantung dan mata.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement