Sabtu 28 May 2016 01:13 WIB

Ini Tanda Depresi yang tak Boleh Diabaikan

Rep: MGROL69/ Red: Andi Nur Aminah
Depresi bisa memunculkan perasaan tidak mampu menjalani kehidupan.
Foto: Agung Supriyanto/Republika
Depresi bisa memunculkan perasaan tidak mampu menjalani kehidupan.

REPUBLIKA.CO.ID, Depresi adalah kondisi dimana seseorang berada dalam suasana hati yang buruk dan berlangsung selama kurun waktu tertentu. Sebagian orang akan beranggapan bahwa kondisi ini wajar saja jika dialami mereka. 

Tetapi kondisi depresi ini tidak boleh dianggap remeh karena akan menimbulkan efek yang lebih parah lagi. Dilansir Livestrong, berikut ini beberapa tanda kondisi depresi yang tidak boleh diabaikan.

 

Marah dan mudah tersinggung

Marah merupakan sikap yang wajar ketika seseorang berada di kondisi dimana sudah tidak mampu lagi untuk menahan sabar dan ingin untuk menyelesaikan masalah. Tetapi hal ini dapat dikatakan tidak wajar ketika rasa marah tidak dapat dikendalikan dan sikap mudah tersinggung setiap kali mendapat komentar dari orang lain.

 

Mengomentari diri sendiri

Mengomentari diri sendiri seperti selalu memberikan tanggapan bahwa diri kita rendah dan tidak mampu dalam hal apa pun akan membentuk sikap tidak percaya diri. 

 

Keputusasaan

Depresi dari keputusasaan yang berlebihan akan cenderung membuat individu berniat untuk melakukan sesuatu untuk membuatnya tidak merasa tertekan lagi. Hal ini yang menjadi salah satu alasan mengapa orang memilih untuk mengakhiri hidup dengan bunuhdiri.

 

Kehilangan minat

Kehilangan minat untuk hal-hal yang selama ini digeluti akan membuat depresi menjadi semakin parah.

 

Perubahan berat badan yang drastis

Tanda depresi berupa perubahan berat badan yang drastis menjadi salah satu hal yang menunjukkan bahwa tingkat depresi seseorang semakin parah. 

 

Rasa sakit dan nyeri yang tidak bisa dijelaskan

Ketika seseorang dalam kondisi depresi dan secara tiba-tiba merasakan sakit dan nyeri yang tidak dapat dijelaskan, maka dapat dikatakan bahwa tubuhnya sudah tidak mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Akibatnya satu cara yang harus dilakukan adalah mencoba menghilangkan segala macam ingatan yang menjadikannya depresi dan mulai untuk hidup dengan bahagia. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement