Senin 23 May 2016 08:35 WIB

Penyebab Orang Benci dengan Hari Senin

I Hate Monday. Ilustrasi
Foto: Google
I Hate Monday. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Banyak yang mengatakan, I Hate Monday, di pelbagai media sosial atau pesan singkat lainnya. Istilah tersebut kerapkali muncul pada hari Minggu malam menjelang pergantian hari ke Senin.

Orang yang seringkali mengucapkan hal itu adalah mereka yang enggan 'move on' dari suasana akhir pekan. Ternyata, ada alasan ilmiah mengapa mereka membenci hari Senin. Dilansir dari laman Mental Floss, Senin (23/5) berikut penjelasannya.

Perubahan pola tidur

Banyak orang yang memanfaatkan waktu akhir pekan untuk istirahat. Dikarenakan selama lima hari kemarin mereka banyak melakukan pekerjaan sehingga waktu istirahat menjadi sangat sedikit. Yang patut disayangkan banyak orang tak sadar bahwa hal itu justru mengganggu siklus pada tubuh.

Kenyamanan Sosial

Lingkungan tempat tinggal atau bertemu dengan teman menjadi hal menyenangkan ketimbang berada di kantor. Disarankan oleh peneliti, Anda harus memiliki teman yang bisa diajak berdiskusi atau mengobrol, sehingga suasana kantor terasa lebih menyenangkan daripada sebelumnya.

Perubahan waktu

Semua hari tidak bisa ditebak dan memiliki cerita masing-masing. Tetapi ketika ilmuwan bertanya, hari apa yang sangat buruk untuk diingat, mereka serempak menjawab Senin. Ini terjadi karena ada pergeseran emosional dari hari libur ke hari kerja. Tidak peduli apa yang akan terjadi, banyak orang selalu memandang Senin itu buruk.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement