Kamis 12 May 2016 07:19 WIB

7 Makanan yang Harus Dihindari Agar Gigi Sehat

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Makanan cepat saji atau junk food.
Foto: pixabay
Makanan cepat saji atau junk food.

REPUBLIKA.CO.ID, Makanan atau minuman ikut memengaruhi kesehatan gigi. Saat makan, ada bakteri yang masuk ke mulut dan berkembang menjadi plak, kemudian menimbulkan noda di gigi Anda. Plak bisa menutupi seluruh permukaan gigi. Enamel gigi rusak ketika tepung dan gula misalnya bercampur dengan plak yang membentuk asam.

Untuk mendapatkan gigi sehat, Anda sebaiknya menghindari tujuh jenis makanan dapat merusak struktur gigi, dilansir dari Womanitely.

Soda

Ada alasan mengapa Anda perlu menghindari minuman bersoda. Minuman soda membuat Anda ketagihan rasa manis, sehingga merusak kesehatan gigi. Sejak soda mengandung pemanis buatan, bukan hanya gigi saja yang rusak, tapi juga mendorong kenaikan berat badan.

Alkohol

Asupan alkohol berlebihan tak hanya buruk untuk hati, tapi juga gigi dan gusi. Alkohol menyebabkan dehidrasi sehingga seseorang mungkin merasa mulut mereka kering karena air liur berkurang. Hal ini mengakibatkan kerusakan gigi, dan lebih buruknya infeksi mulut dan gusi. Asupan alkohol terus menerus adalah penyebab utama kanker mulut.

Permen manis

Makan terlalu banyak permen membuat gigi terekspose gula, apalagi permen dengan kandungan gula tinggi. Jika Anda sudah ketagihan sesuatu manis, alternatif terbaik adalah mengunyah permen karet yang berlabel, seperti American Dental Association (ADA).

Makanan cepat saji

Orang yang sering makan makanan cepat saji berpeluang besar mengalami masalah kerusakan gigi. Hal ini karena sebagian besar makanan dan minuman yang disajikan mengandung bahan pengawet dan perasa makanan yang tidak baik untuk gigi.

Makanan cepat saji selain itu juga memungkinkan pati dan gula menempel lebih lama di gigi. Ini diperparah dengan kebiasaan jarang sikat gigi setelah makan. Ini memberikan lebih banyak waktu untuk bakteri berpesta di gigi Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement