Monday, 3 Zulqaidah 1439 / 16 July 2018

Monday, 3 Zulqaidah 1439 / 16 July 2018

Minuman Multivitamin Bantu Tingkatkan Cara Kerja Otak

Jumat 01 April 2016 13:38 WIB

Rep: MGROL60/ Red: Andi Nur Aminah

Tampak berbagai jenis multivitamin di tangan seorang perempuan.

Tampak berbagai jenis multivitamin di tangan seorang perempuan.

Foto: corbis

REPUBLIKA.CO.ID, Minuman multivitamin yang termasuk vitamin B dan C dapat berkontribusi untuk meningkatkan cara kerja otak. Seorang psikologi biologi di Universitas Northumbria, Inggris, David O Kennedy menjelaskan fungsi otak sepenuhnya tergantung pada pasokan yang cukup dari vitamin yang larut dalam air, yang sebagian besar diangkut ke dalam otak dan terkonsentrasi di jaringan otak.  "Terutama vitamin C terkonsentrasi di jaringan paling aktif secara metabolik," kata Kennedy.

Dalam penelitiannya, manusia membutuhkan 30 vitamin termasuk vitamin A, D, E dan K serta vitamin yang larut dalam sembilan air termasuk vitamin B dan C. Hasil penelitian yang dia lakukan untuk membuktikan efektivitas vitamin larut pada air. "Sementara bukti epidemiologi dari korelasi antara asupan vitamin C dan fungsi otak atau demensia agak samar-samar. Bukti kuat dari hubungan tersebut ada dari penelitian yang melibatkan pengukuran langsung dari tingkat biokimia vitamin C, termasuk dalam cairan serebrospinal," kata Kennedy.

Studinya yang menguji perubahan dalam metabolisme tubuh 97 perempuan berusia 25 tahun hingga 49 tahun selama delapan minggu. Kennedy menemukan bahwa asupan multivitamin meningkatkan fungsi otak, fungsi psikologis dan otak aliran darah.

Selain itu, Kennedy juga membuktikan korelasi antara multivitamin dan kinerja mental. Dia melakukan percobaan pada 210 pria sehat berusia 30 hingga 55 tahun yang menunjukkan peningkatan perasaan, kesehatan umum, keadaan pikiran dan kinerja mental. 

"Bukti dari percobaan terkontrol juga menunjukkan bahwa pemberian vitamin C menguntungkan dapat memodulasi fungsi endotel pada menderita dari penyakit kardiovaskuler," tambahnya.

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA